Pesan Tokoh Pemuda Kalteng jelang Lebaran

Pesan Tokoh Pemuda Kalteng jelang Lebaran

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Bulan Ramadan 1443 H telah memasuki masa sepuluh hari terakhir, dan sebagian masyarakat, terutama umat muslim mengoptimalkan dengan memperbanyak ibadahnya.

Namun sebagian masyarakat bersiap untuk melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing. Seperti pantauan di beberapa pusat moda transportasi baik udara, darat maupun laut yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Tokoh Pemuda Kalteng, H. Heru Hidayat, ST, M.Pd kepada awak media pada Minggu (24/4), menyampaikan himbauan kepada masyarakat bahwa menjelang akhir Ramadan 1443 H, khususnya bagi umat muslim untuk perlu terus meningkat amaliyah dan ibadah serta berdo’a agar masyarakat Kalteng diberikan kekuatan, terbebas dari pandemi Covid-19, hidup rukun dan damai.

“Bagi masyarakat yang akan melakukan mudik ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran agar memastikan modal transportasi dalam kondisi baik dan layak serta tetap mematuhi aturan yang berlaku,” pesan Heru yang juga mantan anggota DPRD Kalteng dan alumni HMI.

Selain itu, Heru berharap agar para pemilik moda transportasi baik udara, darat dan laut khususnya memperhatikan kemudahan dan keselamatan bagi masyarakat yang akan mudik, seperti dari Kota Palangka Raya menuju ke beberapa Kabupaten di Kalteng maupun ke Provinsi lainnya.

“Momentum hari libur lebih awal sebelum lebaran bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang akan memanfaatkan waktu berkumpul bersama orang tua dan keluarga,” ungkap Alumni Pascasarjana Universitasa Palangka Raya (UPR ) ini.

Heru mengapresiasi dan terus berharap berbagai pihak baik itu Pemerintah Daerah, Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan para pihak yang terlibat dalam pelayanan menjelang mudik dan pasca mudik untuk bisa memperhatikan kondisi jalan yang rusak agar mendapat perbaikan, dipasang rambu jalan, dan disiapkan posko untuk menunjang serta informasi bagi masyarakat.

“Momentum mudik menjelang lebaran menjadi bagian dari upaya memperkokoh silaturahim, meski dalam kondisi saat ini tetap memperhatikan protokol kesehatan, dengan silaturahim mampu menjadi media mempersatukan masyarakat secara umum dan khususnya di wilayah Kalimantan Tengah,” harap Heru.

Sebagian warga kota Palangka Raya hasil pantauan media disejumlah terminal arus mudik mulai meningkat. Seperti yang terlihat di terminal WA Gara jalan Mahir Mahar Palangka Raya, warga yang akan mudik menggunakan  Bus. Baik itu akan ke Banjarmasin maupun ke Kabupaten se Kalteng seperti tujuan Kapuas; Sampit, Pangkalan Bun, Muara Teweh juga ke Buntok mulai ada peningkatan.

“Kami sekeluarga lebih awal mudik ke Banjarmasin mengikuti himbauan  pemerintah, ” tutur Abdullah warga jalan Mendawai, saat dibincangi awak media di terminal W.A Gara, Minggu (24/4). (GK/Sutran/Yud)

Berita Lainnya

Leave a Comment