Wakil Gubernur Terima Laporan Tahunan Komisi Informasi Kalteng

Wakil Gubernur Terima Laporan Tahunan Komisi Informasi Kalteng

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Komisi Informasi (KI) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyerahkan Laporan Tahunan 2021 ke Pemerintah Provinsi Kalteng, Rabu (20/4/2022). Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo menerima Laporan Tahunan yang diserahkan Ketua KI Kalteng bersama tiga Komisioner lainnya di ruang kerjanya.

Laporan Tahunan 2021 KI merupakan pertanggungjawaban kinerja selama tahun anggaran, yang menurut ketentuan Undang-Undang, harus disampaikan kepada Pemerintah Daerah sebagai bentuk tanggung jawab.

“Telah diatur dalam UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Komisi Informasi provinsi bertanggung jawab kepada kepala daerah dalam hal ini Gubernur/Wakil Gubernur, dan menyampaikan laporan tentang pelaksanaan fungsi, tugas, dan wewenangnya kepada DPRD provinsi yang bersangkutan, yang kemarin itu juga sudah kami lakukan,” terang Ketua KI Kalteng, M. Mukhlas Roziqin usai keluar dari pertemuan.

Laporan yang diserahkan tersebut berisi kegiatan KI Kalteng selama tahun anggaran 2021 sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Antara lain Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI), sosialisasi, edukasi, dan advokasi tentang hak masyarakat mendapatkan informasi, serta monitoring dan evaluasi terkait gambaran sejauh mana standar layanan informasi dilaksanakan Badan Publik di Kalteng.

Monev yang outputnya berupa pemeringkatan badan publik itu, lanjut Roziqin, hasilnya ada lima level atau kategori yaitu Informatif, Menuju Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif, dan Tidak Informatif.

“Saya gambarkan bahwa Layanan Informasi yang dilakukan Badan Publik di Kalteng semakin membaik, terlihat dari hasil Monev 2021, kita ada 10 Badan Publik yang berkategori Informatif, dan 15 yang kategori Menuju Informatif, dibanding hasil Monev 2020 hanya 2 yang berkategori Informatif dan 20 yang berkategori Menuju Informatif. Sedangkan di 2019, masih Nol yang berkategori Informatif,” beber dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, laporan tersebut juga berisi jumlah register penerimaan hingga pemutusan penyelesaian permohonan sengketa informasi yang diajukan pemohon kepada KI Kalteng. Tahun 2020 ada 15 register Permohonan Sengketa Informasi, sedangkan 2021 ada 13 register.

Sedangkan untuk kegiatan saat ini, Roziqin menyampaikan KI Kalteng sedang fokus pada dua hal yaitu pengukuran Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2022 yang diukur secara tingkat Provinsi dan Nasional. Untuk tahun lalu, indeks Kalteng pada kategori `Sedang`.

“Alhamdulillah Bapak Wakil Gubernur men-support kinerja KI agar bisa melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik, serta mencarikan solusi untuk kendala-kendala, saat berlangsung diskusi tadi,” ucapnya.

“Saya sangat mengapresiasi komitmen yang disampaikan Gubernur melalui Wakil Gubernur tadi bahwa di era sekarang keterbukaan informasi menjadi bagian penting untuk mendukung pembangunan daerah, mengoptimalkan Open Government berjalan baik di Kalteng harus dikawal,” sambung Roziqin.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalteng Edi Pratowo menyatakan pihaknya mengapresiasi langkah Komisioner KI Kalteng yang memberikan Laporan Tahunan kepada pihaknya. Ia berkomitmen untuk terus memperhatikan hasil Monev yang ditujukan kepada Badan Publik di lingkup Pemprov baik Badan, Dinas, maupun Biro.

“Dengan adanya laporan ini, kami menjadi tahu apa saja yang telah dan sedang dilakukan, termasuk kemajuan maupun kendala-kendalanya. Semoga ke depan lebih positif lagi hasil kinerjanya. Kami terus berupaya, semoga tahun ini Kalteng meraih predikat Informatif,” tutur Edi. (Sumber : MMCKalteng/LA/edt:rkh)

Berita Lainnya

Leave a Comment