Wagub Edy Pratowo Lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemprov. Kalteng dengan PT. INKA Persero

Wagub Edy Pratowo Lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemprov. Kalteng dengan PT. INKA Persero

Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Acara Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemprov. Kalteng dengan PT. Industri Kereta Api (INKA) Persero Tentang Rencana Penyelenggaraan Proyek Perkeretaapian di Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (27/4/2022). Acara berlangsung secara Hybrid.

Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan dalam rangka pembangunan transportasi perkeretaapian di Kalteng yang telah tercatum di dalam rencana tata ruang dan wilayah Prov. Kalteng Tahun 2015-2035, Pemprov. Kalteng telah merencanakan pengembangan sistem jaringan transportasi perkeretaapian yang terdiri dari 5 (lima) rute yang memiliki potensi dalam membantu peningkatan perekonomian dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, tentunya membutuhkan sebuah proses perencanaan yang betul-betul tepat dan komprehensif agar upaya pengembangan jaringan perkeretaapian dapat menciptakan, antara lain : Keharmonisan antara jaringan jalur kereta api dan perencanaan tata ruang wilayah sesuai tatarannya; Keterpaduan pengendalian pemanfaatan ruang untuk jaringan jalur kereta api dalam rangka perlindungan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan akibat pembangunan jalur kereta api; Keterpaduan jaringan jalur kereta api sebagai satu kesatuan sistem jaringan transportasi daerah, sehingga mempermudah dan memperlancar pelayanan angkutan orang dan/atau barang; serta Efisiensi penyelenggaraan perkeretaapian.

Edy menjelaskan, Pemprov. Kalteng sangat menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh PT. INKA Persero untuk membantu dan bersinergi dengan Pemprov. Kalteng dalam melakukan kajian rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian di Prov. Kalteng sebagaimana telah ditegaskan dalam tata ruang dan wilayah Prov. Kalteng.

Edy menambahkan, melalui kajian bersama yang dilakukan mulai saat ini, akan menghasilkan dokumen perencanaan jaringan transportasi perkeretaapian yang akan memberikan rekomendasi terkait pola konektivitas yang makin baik. Sehingga mobilitas masyarakat akan makin mudah dan lancar, serta titik-titik perekonomian baru akan tumbuh.

Sementara itu, Direktur Utama PT. INKA Persero Budi Noviantoro dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov. Kalteng atas respon yang baik dengan dibuktikannya hari ini melaksanakan penandatangan MoU untuk pembangunan jalur kereta api dari Puruk Cahu sampai ke Tanjung Kalsel.

Turut Hadir Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Nuryakin, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, Staf ahli (SAHLI) Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden, dan Kepala Perangkat Daerah terkait Prov. Kalteng. Hadir secara virtual Direktur Utama PT. INKA Persero Budi Noviantoro beserta Jajaran. (Sumber : MMC Kalteng/Ay/Foto:Iksan)

Berita Lainnya

Leave a Comment