Safari Ramadan di Kabupaten Barito Utara, Pemprov Kalteng Dorong Masyarakat Lakukan Vaksinasi Lengkap Hingga Dosis ke Tiga

Safari Ramadan di Kabupaten Barito Utara, Pemprov Kalteng Dorong Masyarakat Lakukan Vaksinasi Lengkap Hingga Dosis ke Tiga

Muara Teweh, gemakalteng.co.id Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar Safari Ramadan di Masjid Jami Abdurrahim, Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Sabtu (16/4/2022). Safari Ramadan digelar Pemprov. Kalteng di wilayah-wilayah yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota dalam rangka menjalin silahturahmi dan mendorong serta mengajak masyarakat agar melakukan vaksinasi lengkap hingga dosis ke tiga (booster).

Kegiatan ini dipimpin Kepala Dinas PUPR Prov Kalteng H. Shalahuddin didampingi Kepala Dinas Kominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi dan Kepala Disbudpar Prov Kalteng Hj. Adiah Chandra Sari. Safari Ramadan diawali dengan Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quràn oleh Al Amin dilanjutkan dengan Sambutan Selamat Datang dari Ketua Yayasan Masjid Jami Abdurrahim H. Hajrannor, Sekapur Sirih Segenggam Benih dari Koordinator Safari Ramadhan Pemprov Kalteng di Kabupaten Barito Utara yakni Kepala Dinas PUPR Prov. Kalteng H. Shalahuddin, Penyerahan Bantuan dan Bingkisan Keagamaan dari Pemprov Kalteng Kepada 9 (Sembilan) Pengurus Masjid di Kabupaten Barito Utara, Penyerahan Bantuan makanan sehat untuk TP-PKK Kabupaten Barito Utara dari TP-PKK Prov. Kalteng, Penyerahan Bantuan Keagamaan dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Sambutan Bupati Barito Utara H. Nadalsyah, Sambutan Gubernur Kalteng secara Virtual H. Sugianto Sabran, Tausiyah Oleh Ustadz Rusmadi Darsani, LC, Pembacaan Doa Dan Buka Puasa Bersama.

Koordinator Safari Ramadhan Pemprov Kalteng di Kabupaten Barito Utara H. Shalahuddin saat menyampaikan Sekapur Sirih Segenggam Benih, mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara yang sudah memfasilitasi safari Ramadan Pemprov. Kalteng di Muara Teweh.

H. Shalahuddin mengutarakan beberapa hal dalam pertemuan tersebut, pertama; melihat kondisi perkembangan sosial kemasyarakatan dan keagamaan pasca pandemi Covid-19, maka melalui momentum Ramadhan Tahun 1443 H/2022 M, dihimbau khususnya warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara untuk terus berupaya memperkuat sendi-sendi persatuan dan kesatuan, meningkatkan kewaspadaan, memelihara kerukunan, menjaga kebhinekaan dan keberagaman, saling menghargai dan menjunjung tinggi toleransi, dan mampu menyikapi perbedaan di alam demokrasi ini dengan bijaksana. Kedua; agar Hindari penyalahgunaaan Narkoba dan minuman keras (Miras), sehingga tatanan kehidupan umat beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat berjalan harmonis penuh kedamaian dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang pada akhirnya warga masyarakat Kabupaten Barito Utara mampu menjadi bagian dalam mewujudkan Kalteng Makin Berkah di Tambun Bungai, Bumi Pancasila yang dicintai.

Ketiga; dalam rangka menjalani dan melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan Tahun 1443 H ini, diminta kepada semua pihak terkait untuk menjaga stabilitas dan kecukupan bahan pokok strategis dan logistik lainnya dengan harga yang normal dan relatif terjangkau, terutama dalam menghadapi lebaran nanti, kepada para pedagang diminta untuk tidak melakukan penimbunan dalam bentuk apapun, sehingga kestabilan harga bahan pokok dapat terkendali dengan baik. Keempat; berhubung suasana masih dalam masa Pandemi Covid-19, walaupun sudah melandai diharapkan kegiatan dimaksud tetap mematuhi Protokol Kesehatan seperti cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, serta sudah Vaksin Booster.

Kelima; diketahui bersama bahwa Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Pasir Grogot ditetapkan sebagai Ibukota Negara Nusantara yang mana Kalteng merupakan Provinsi tetangga yang pasti akan menjadi penopang IKN tersebut, oleh karena itu Pemerintah tetap melanjutkan program Food Estate sebagai penyangga kebutuhan pertanian dalam artian luas di Kalimantan Tengah dan mari kita dukung program Food Estate ini sehingga Kalteng mampu menjadi penyangga ekonomi IKN baru dan berimbas pada kesejahteraan rakyat Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, H. Shalahuddin menghimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Barito Utara untuk terus menerus meningkatkan kualitas amal ibadah disisa waktu yang ada ini dengan penuh khidmat, khusyu dan penuh kedamaian.

“Sehingga amal ibadah yang dikerjakan khususnya ibadah puasa dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam, guna menjadikan kita sebagai insan yang memiliki derajat ketaqwaan yang tinggi disisi Allah SWT, menuju Kalteng Berakhlaq Penuh Keberkahan”, pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga, dilakukan Penyerahan bantuan dan bingkisan keagamaan dari Pemprov. Kalteng Kepada sembilan Pengurus Masjid di Kabupaten Barito Utara berupa bantuan keuangan sebesar masing-masing Rp.10.000.000,-, dan khusus untuk Masjid Jami Abdurrahim sebesar Rp.30.000.000,-. Sementara itu juga, dilakukan penyerahan Bingkisan berupa sarung dan mukena dengan total 500 pcs dan bantuan operasional untuk berbuka puasa.

Safari Ramadan dihadiri Bupati Barito Utara H. Nadalsyah, Forkopimda setempat, Ketua MUI, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara, Tokoh Agama dan Masyarakat serta seluruh Camat dan Lurah di 9 Kecamatan yang nenerima bantuan. (MMCKalteng/wdy/Foto:Fery)

Berita Lainnya

Leave a Comment