Pentingnya Vaksinasi Polio Wujudkan Generasi Emas

By Redaksi Jun24,2023
Pentingnya Vaksinasi Polio Wujudkan Generasi Emas

Palangka Raya, gemakalteng.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menggalakkan program imunisasi anak polio. Pemerintah menyediakan vaksin anak polio secara gratis melalui posyandu dan puskesmas serta fasilitas pelayanan kesehatan lainnya sebagai bagian dari program imunisasi dasar.

“Tujuan pemberian vaksin polio adalah agar bayi atau anak, memperoleh kekebalan terhadap penyakit polio yang dapat menyebar melalui infeksi virus,” kata Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita, Jumat (23/6/2023) di Palangka Raya.

Karena itu lanjut srikandi DPRD Palangka Raya ini, dirinya menekankan pentingnya vaksinasi polio di setiap dosisnya bagi anak. Sebab kelengkapan imunisasi pada anak merupakan hal penting untuk mempertahankan Indonesia bebas polio dan mewujudkan eradikasi polio global tahun 2026.

Ia pun mendorong Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi terkaitnya, untuk menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya dari polio. Dengan begitu, masyarakat dapat semakin percaya dan terhindar dari hoaks terkait pemberian imunisasi IPV pada anak.

Pentingnya vaksinasi polio bagi anak lanjutnya, tidak lain guna mewujudkan program Indonesia Emas 2045. Sebab langkah awal untuk menjadikan Indonesia yang sehat dan maju adalah terbebas dari penyakit polio.

Harus disadari pula, polio adalah penyakit yang dapat merenggut kesempatan Indonesia emas di tahun 2045. Sebab itulah jangan sampai Indonesia yang sudah maju masih ada penyakit seperti polio.

“Kementerian Kesehatan pernah mendeklarasikan Kejadian Luar Biasa (KLB) polio pada tahun 2022. Artinya kita tidak boleh lengah, karena masih belum aman dari penyakit polio ini. Maka dari itu masyarakat harus menyadari akan bahaya dari polio,” tandas Ruselita. (Sumber : MC. Kota Palangka Raya.1/nd)

Baca Juga :  Pastikan Kamtibmas Aman, Brimob Kalteng Patroli Cipta Kondisi Dibb bb Kotawaringin Barat

Berita Lainnya

error: Maaf Bos