Hati-hati Hewan Penular Rabies

By Redaksi Jun22,2023
Hati-hati Hewan Penular Rabies

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Norhaini mengingatkan kepada warga kota setempat, agar berhati-hati terhadap hewan yang terjangkit atau membawa virus rabies.

Mengapa hal itu diingatkan kata Norhaini, mengingat baru – baru ini ada viral video seorang anak yang histeris di rumah sakit akibat dinyatakan positif rabies. Sampai akhirnya anak tersebut dinyatakan meninggal.

“Ketika anjing, kucing atau kera yang terjangkit virus rabies menggigit manusia, air liur yang mengandung virus akan masuk ke tubuh manusia. Maka itu hati-hati dan waspada. Terlebih terhadap hewan liar yang kerap berkeliaran,” ungkapnya, Selasa (20/6/2023) di Palangka Raya.

Lebih lanjut srikandi DPRD Palangka Raya ini mengingatkan, bagi warga pemilik hewan peliharaan agar hewannya tidak terjangkit virus rabies, maka bisa memvaksin hewan peliharaan itu ke puskesmas, dokter hewan, atau instansi terkait yang melakukan penanganan vaksin pada hewan.

Vaksinasi hewan peliharaan tidak hanya melindunginya dari virus rabies, tetapi juga melindungi pemiliknya atau warga ketika tergigit hewan peliharaan.

Sebaliknya terlepas dari itu ucap Norhaini, diharapkan instansi teknis agar bisa menyosialisasikan kepada masyarakat terkait bahaya dan ciri – ciri hewan peliharaan yang terkena rabies.

Masyarakat perlu diberikan pemahaman atau pengetahuan, apabila digigit oleh hewan peliharaan, maka penanganan awal apa yang harus dilakukan, dan dibawa kemana korban gigitan dari hewan tersebut.

“Kami juga mendorong instansi terkait dapat memaksimalkan program vaksin rabies kepada hewan peliharaan warga, maupun hewan liar sebagai langkah pencegahan. Jangan sampai ada kasus positif rabies yang menimpa warga,” tandasnya. (Sumber : MC. Kota Palangka Raya.1/nd)

Baca Juga :  Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Melaksanakan Kegiatan Kebersihan Drainase Pasar Kahayan

Berita Lainnya

error: Maaf Bos