Curah Hujan Tinggi, Kota Puruk Cahu Mulai Terendam Banjir

Curah Hujan Tinggi, Kota Puruk Cahu Mulai Terendam Banjir

Puruk Cahu, gemakalteng.co.id Curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) dalam beberapa hari terahir membuat air Sungai Barito meluap. Hal ini mengakibatkan beberapa tempat dan jalan-jalan di Kota Puruk Cahu yang berada dipinggiran Sungai Barito terendam banjir.

Rahmanto Muhidin : Jangan Ada Praktik Calo Dalam Perekrutan Tenaga Kerja Tambang
Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Mura, Rahmanto Muhidin

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Mura, Rahmanto Muhidin saat ditemui wartawan di ruang kerjanya pada Selasa (6/9/2022) menyampaikan rasa prihatinnya atas meluapnya air Sungai Barito yang begitu cepat. Bahkan menurut informasi, ada beberapa daerah dipinggiran Sungai Barito mulai terendam banjir.

“Kami selaku Wakil Rakyat tidak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada, apalagi kita baru saja terbebas dari penyebaran virus carona atau covid 19, sekarang kita dilanda hujan yang terus menerus dan kemungkinan besar jika hujan berkepanjangan apalagi mengenai hulu sungai bisa mengakibatkan banjir yang lebih dalam lagi,” ucapnya.

Curah Hujan Tinggi, Kota Puruk Cahu Mulai Terendam Banjir
Curah hujan yang tinggi mengakibatkan Kota Puruk Cahu yang berada dipinggiran Sungai Barito mualai terendam banjir

Rahmanto menghimbau kepada para orang tua agar bisa lebih waspada mengawasi anak-anaknya terhadap arus listrik. Bagi tempat didataran yang rendah yang mudah terkena banjir, agar tidak sembarangan menaruh terminal listrik. karena jika air naik pada saat malam apalagi sampai memasuki lantai rumah, itu dikawatirkan bisa mengakibatkan kesentrum.

“Dan kami juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, dalam keadaan cuaca seperti ini banyak efek bagi kesehatan manusia, biasanya setelah banjir rentan penyakit malaria, apalagi saat ini banyak sekali anak-anak yang terkena penyakit muntaber,” lanjutnya.

Harapannya terutama kepada pemerintah daerah bisa mendorong pihak rumah sakit untuk lebih meningkatkan pelayananya terhadap anak-anak yang terkena penyakit muntaber menjadi lebih baik lagi, serta bisa menyediakan ruangan perawatan untuk mereka.

“Dengan keadaan cuaca seperti ini kita sama-sama berdo’a dan mudah-mudahan kita warga Murung Raya bisa secepatnya melewati apa yang sedang kita alami saat ini.” Pungkasnya.

 

 

Pewarta : Helminadi
Editor : Yudhi. SA
COPYRIGHT © GEMAKALTENG

 

Berita Lainnya

Leave a Comment