Wagub Edy Pratowo Sampaikan Sambutan Gubernur Terhadap Keputusan DPRD tentang Rekomendasi LKPJ Gubernur TA. 2021

Wagub Edy Pratowo Sampaikan Sambutan Gubernur Terhadap Keputusan DPRD tentang Rekomendasi LKPJ Gubernur TA. 2021

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Wagub Kalteng Edy Pratowo menghadiri secara langsung Rapat Paripurna (Rapur) Ke – 7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022, DPRD Prov. Kalteng. Rapat berlangsung terpusat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov. Kalteng, Jumat (22/4/2022).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng Abdul Razak, dihadiri oleh anggota DPRD Prov. Kalteng dan Unsur Forkopimda Prov. Kalteng.

Agenda Rapur yakni Pembacaan Rekomendasi DPRD Prov. Kalteng tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Akhir Tahun Anggaran 2021 dan Sambutan Gubernur Kalteng atas Keputusan DPRD Prov. Kalteng tentang Rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kalteng Akhir Tahun Anggaran 2021.

Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran atas Keputusan DPRD Prov. Kalteng tentang Rekomendasi LKPj Tahun Anggaran 2021, mengatakan bahwa LKPj merupakan bentuk koordinasi dan komunikasi serta transparansi proses Pemerintahan Daerah, yang diselenggarakan menurut prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam upaya peningkatan taraf hidup kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dari waktu ke waktu, sesuai perencanaan yang disusun dalam RPJPD Prov. Kalteng Tahun 2006-2025 dan RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2016-2021, dengan visi “Kalteng Maju, Mandiri & Adil untuk Kesejahteraan Segenap Masyarakat Menuju Kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis)”.

 

“Kita patut bersyukur, berkat ridho dari Tuhan yang Maha Esa, disertai komitmen, konsistensi, dan koordinasi yang sangat baik dari kita semua, Pemerintah Daerah dengan DPRD yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat Kalteng, maka dalam lima tahun terakhir yakni periode pertama di masa kepemimpinan saya selaku Gubernur, pembangunan di Kalteng terus menunjukkan peningkatan yang sangat berarti, di mana hasilnya telah dilaporkan dalam LKPj Tahun 2021,” kata Edy.

Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya dalam pembacaan Keputusan tentang Rekomendasi DPRD Prov. Kalteng terhadap LPKj Gubernur Akhir Tahun Anggaran 2021, rekomendasi tersebut merupakan hasil dari Pembahasan DPRD terhadap LKPj, yang selanjutnya dijadikan dasar bagi kami dalam menyusun perencanaan dan penganggaran yang semakin baik pada tahun berjalan dan tahun berikutnya.

Sepanjang tahun 2021, lanjutnya, Pemprov. Kalteng beserta jajaran telah optimal dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan, sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), sehingga menghasilkan sejumlah capaian kinerja pembangunan.

 

Akan tetapi, tentu saja masih terdapat kekurangan, terutama pasca pandemi covid-19 melanda seluruh dunia. Bencana global ini sangat berdampak terhadap berbagai sektor penunjang pembangunan di Prov. Kalteng. Oleh sebab itu, di tahun 2021, Pemprov. Kalteng mengonsentrasikan prioritas pembangunan dalam rangka pemulihan dampak pandemi, yakni pemulihan ekonomi dan sosial masyarakat.

“Pemprov telah berupaya keras untuk meningkatkan langkah-langkah pemulihan, dengan prioritas pelaksanaan program dan kegiatan di setiap penyelenggara urusan pemerintahan daerah, yang outputnya bertujuan memperbaiki kondisi ekonomi dan sosial masyarakat serta mengembalikan kondisi aktivitas sosial masyarakat,” lanjut Edy.

Edy juga menyambut baik dan menerima Keputusan DPRD Prov. Kalteng tentang Rekomendasi DPRD Prov. Kalteng terhadap LPKj Gubernur Akhir Tahun Anggaran 2021.

“Kami akan segera tindaklanjuti dan menyampaikan tanggapan atau jawaban berdasarkan rekomendasi yang telah disampaikan. Selain itu Kami juga akan segera merumuskan kebijakan strategis yang akan diimplementasikan dalam pelaksanaan pembangunan di tahun berjalan dan tahun berikutnya, baik itu dalam bentuk dokumen perencanaan dan penganggaran maupun peraturan daerah dan peraturan kepala daerah,” tandas Edy. (Sumber : MMCKalteng/Ay/Foto: Doni)

Berita Lainnya

Leave a Comment