PWM Kalteng Konsoldasi Ke Pedalaman

PWM Kalteng Konsoldasi Ke Pedalaman

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kunjungan ke Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, 31 Agustus 2022. Kunjungan bersama unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Katingan ini dalam rangka konsolidasi dan pembinaan cabang Muhammadiyah.

Anggota rombongan yang dipimpin langsung Ketua PWM Kalteng Prof Dr H Ahmad Syar’i MPd ini antara lain, Wakil Ketua Dr H Abubakar HM MAg, Dr HM Yusuf SSos MAP, Sekretaris HM Zuhri SHI MPdI, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Ust H Amanto Surya Langka Lc, Kepala Kantor Sekretariat Jaemi Wahyudi SPdI MAP, Staf Evan Bastian SPdI MPd, dan Anang Rahman SPd.

Rombongan didampingi jajaran PDM Katingan, antara lain Ketua Edi Rahmat Sosiawan SE MSi, Sekretaris Sardini U Budin, Faridul Hayat, dan Nurhanjoyo Eko Saputro SE.

PWM Kalteng  Konsoldasi Ke Pedalaman

Sekretaris PWM Kalteng HM Zuhri SHI MPdI, kepada awak media Jumat (2/9/2022), menjelaskan, perjalanan dari Kota Palangka Raya ke lokasi tersebut memakan waktu sekitar 10 jam. Selain perjalanan darat dengan medan yang berat, rombongan juga harus 2 kali menyebarang sungai menggunakan feri.

Zuhri menyebut, Desa Tumbang Sanamang yang mereka kunjungi memiliki sisi historis yang besar dalam pengembangan Muhammadiyah di Kalteng, khususnya di wilayah pedalaman Kabupaten Katingan.

“Tumbang Sanamang merupakan titik awal dakwah Muhammadiyah di pedalaman Katingan, dibawa oleh Wahid Syarkawi seorang dai Muhammadiyah dari Yogyakarta pada tahun 1932,” papar Zuhri.

Dalam kiprah dakwahnya, Wahid Syarkawi yang sampai ke Tumbang Sanamang setelah mengarungi sungai Katingan dari muara di Pegatan berhasil mendirikan lembaga pendidikan. Kini lembaga tersebut menaungi SMP Muhammadiyah Tumbang Senamang dan TK Aisyiyah.

SMP Muhammadiyah tersebut saat ini memiliki peserta didik sekitar 30 siswa pada tiga kelas (7,8,9). Uniknya latar kepercayaan para siswa ini beragam, yakni Islam, Kristen, dan Kaharingan.

“Kita menggelar pertemuan di SMP Muhammadiyah Tumbang Sanamang untuk menyaksikan perkembangan sekolah ini sekaligus memotivasi para pendidiknya untuk tetap semangat mengabdikan diri sebagai pengajar meski dengan banyak keterbatasan baik fasilitas maupun penghasilan,” ujarnya.

Selain menggelar pertemuan di SMP Muhammadiyah Tumbang Sanamang, rombongan juga menggelar pembinaan warga dan simpatisasn Muhammadiyah di Masjid Fitriah. Di Masjid ini juga digelar pengajian dan ceramah keagamaan oleh Ustaz H Amanto Suryalangka LC. (GK/red)

Berita Lainnya

Leave a Comment