Pengurus DAD Kalteng Masa Bakti 2021-2026 Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

Pengurus DAD Kalteng Masa Bakti 2021-2026 Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) masa bakti 2021-2026 resmi dilantik.

Pengurus DAD dilantik secara resmi oleh Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Marthin Billa, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (16/8/2022) malam. Pelantikan ditandai dengan penyerahan Pataka DAD kepada Ketua DAD yang baru dilantik.

Usai dilantik Presiden MADN, pengurus DAD Prov. Kalteng masa bakti 2021-2026 kemudian dikukuhkan oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Pelantikan dan pengukuhan disaksikan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Lewis Kdr, Anggota Dewan Kehormatan Nahson Tawai, Ketua Dewan Pakar Napa J. Awat serta Sekjen MADN Yakobus Kumis.

Berdasarkan Surat Keputusan MADN Nomor 035/MADN/SK/IV/2022 tanggal 19 April 2022 tentang Struktur, Komposisi dan Personalia Pengurus DAD Prov. Kalteng Masa Bakti masa bakti 2021-2026 menetapkan Ketua Umum DAD Prov. Kalteng yakni H. Agustiar Sabran, Wakil Ketua Umum/Ketua Harian Andrie Elia Embang, Wakil Ketua Umum lainnya yakni Walter S. Penyang, Bulkani, H.M. Wahyudie F. Dirun, Tuty Dau, Leonard S. Ampung serta Tiwi Etika, Sekretaris Umum Yulindra Dedy Lampe serta Bendahara Umum H. Rahmat Nasution Hamka.

Dalam arahannya, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan menyambut baik terbentuknya berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di wilayah Kalteng sebagai perwujudan dalam melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika, toleransi, dan budaya yang hidup dalam masyarakat.

“Saya yakin, Insya Allah Jajaran Pengurus DAD Provinsi Kalimantan Tengah ini, dapat mewujudkan tujuan organisasi kedepannya dengan baik dan sesuai dengan aturan dan ketentuan dalam sebuah organisasi yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, dengan menjunjung tinggi Falsafah Huma Betang dan Belum Bahadat”, tutur H. Sugianto Sabran.

 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengajak seluruh tokoh-tokoh masyarakat adat yang hadir serta seluruh pengurus Dewan Adat Dayak provinsi dan kabupaten/kota, serta Damang Kepala Adat dan Batamad, agar terus bekerjasama dengan pemerintah daerah, dalam menyusun dan melaksanakan program-program pembangunan.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini berharap kepada Pengurus DAD Kalteng agar dalam penyusunan program kerjanya dapat diselaraskan dengan program-program pembangunan pemerintah, demi mendorong kesejahteraan masyarakat.

Presiden MADN Marthin Billa dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Ketua DAD serta para pengurus DAD yang baru dilantik.

“Semangat untuk terus melaksanakan konsolidasi dengan semua korelasi yang ada di Kalteng baik ormas-ormas kerukunan Dayak maupun ormas saudara kita dari anak bangsa agar terus dijalin hubungan yang harmonis, kerja sama yang baik dan persaudaraan yang semakin baik di masa yang akan datang. Dengan demikian maka kita akan menjadi anak bangsa yang menjadi contoh, bermartabat dan dihormati di masa yang akan datang”, pungkas Marthin Billa.

Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tampung tawar oleh Ketua Dewan Pertimbangan Lewis Kdr kepada pengurus DAD terlantik yang diwakili oleh Ketua DAD , Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus DAD Prov. Kalteng dihadiri Wakil Gubernur H. Edy Pratowo, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Kalteng, pengurus DAD Prov. Kalteng yang dilantik, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. (MMC Kalteng/WDY/Foto:Fery)

Berita Lainnya

Leave a Comment