Pemprov Kalteng Raih Penghargaan Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tingkat Provinsi TA 2021 Dari Direktur Jenderal Perbendaharaan

Pemprov Kalteng Raih Penghargaan Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tingkat Provinsi TA 2021 Dari Direktur Jenderal Perbendaharaan

Palangka Raya, gemakalteng.co.id  – Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) didampingi Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Lies Fahimah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022. Pertemuan ini dihadiri Pj. Sekretaris Daerah Kalteng secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (12/4/2022).

Rakornas Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 digelar secara hybrid dengan mengusung Tema “Spending Better: mewujudkan Ketahanan Fiskal” dalam rangka memperkuat sinergi antara Kementerian Keuangan dengan kementerian negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan belanja Pemerintah berkualitas. Kegiatan ini pada tanggal 12 s.d 13 April 2022. Pada tanggal 12 April 2022, agenda Rakornas yakni Webinar Pelaksanaan Anggaran, pemberian Penghargaan kepada Pemerintah Daerah atas Kinerja Pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2021. Sementara itu, pada tanggal 13 April 2022, agenda Rakornas yakni pemberian Penghargaan kepada K/L, arahan menteri Keuangan dan Seminar Utama.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto saat memberikan keynote speech menyampaikan Rakornas ini merupakan momentum penting bagi semua dalam rangka penguatan koordinasi dan penyamaan persepsi untuk memastikan belanja Pemerintah yang semakin berkualitas sebagai penggerak perekonomian Nasional dan capaian-capaian target pembangunan.

“APBN adalah instrumen fiskal yang sangat strategis, impacful bagi Pemerintah untuk mendorong perekonomian dan pemerataan kesejahteraan rakyat. Terlebih lagi di masa pandemi dan kondisi perekonomian saat ini, APBN berperan sangat vital dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, penanganan kesehatan dan perlindungan sosial dengan tetap menjaga keseimbangan antara fungsi countercyclical dengan pengadaan risiko dan kesinambungan fiskal”, tutur Hadiyanto.

Hadiyanto mengungkapkan melalui kinerja APBN di tahun 2021, program perlindungan sosial berhasil menurunkan angka kemiskinan ke level single digit 9,71% per September 2021 (September 2020 mencapai 10,19%). Selain itu, konsumsi Pemerintah tumbuh 5,25% (yoy) di Triwulan IV sejalan dengan peningkatan realisasi belanja Negara khususnya terkait akselerasi program vaksinasi dan layanan publik Pemerintah lainnya.

“Belanja Pemerintah harus mampu diakselerasi agar dapat menjalankan peran sebagai countercyclical perekonomian, mendorong percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Nasional”, imbuhnya.

Disampaikan bahwa dalam 5 Tahun terakhir, belanja Negara periode 2017-2021 mengalami peningkatan signifikan dari Rp 2.007,4 Triliun pada Tahun 2017 menjadi Rp2.786,37 triliun pada Tahun 2021 dengan pertumbuhan rata-rata 8,59 persen.

Pada Rakornas kali ini, Kementerian Keuangan RI mempersembahkan penghargaan atas Kinerja Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun Annggaran 2021  kepada Pemerintah Daerah. Perhitungan nilai kinerja dilakukan berdasarkan kinerja penyaluran DAK Fisik dan dana Desa, kecepatan dalam menyampaikan laporan realisasi belanja, penggunaan DAK fisik yang dialokasikan telah sesuai dengan rencana yang ditetapkan, kepatuhan dalam menyampaikan syarat penyaluran dana desa serta keberimbangan beban DAK fisik dan dana Desa antar Pemda. Sebagaimana diketahui, penghargaan ini telah ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-63/PB/2022 tentang Penetapan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah dalam pengelolaan Transfer ke Daerah dan dana Desa pada penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun anggaran 2021.

Kategori terbaik Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tingkat Provinsi Tahun Anggaran 2021, untuk terbaik 1 diterima oleh Prov. Kalteng, Terbaik 2 diterima oleh Prov. Nusa Tenggara Barat dan Terbaik 3 diterima oleh Prov. Sulawesi Tengah.

Sebagaimana diketahui, Penyerahan Penghargaan dari Direktur Jenderal Perbendaharaan untuk Pemprov. Kalteng terkait Kategori Kinerja Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tingkat Provinsi Tahun Anggaran 2021 telah diserahkan secara langsung Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Prov. Kalteng Hari Utomo kepada Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur, Jumat (8/4/2022) lalu. Tidak hanya itu, Pemprov Kalteng juga menerima Penghargaan Hapakat Award sebagai Juara Pertama Kategori Kerjasama dan Kontribusi Terbaik Penyediaan Data dan Informasi, dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah dan Statistik Keuangan Pemerintah periode Semester II Tahun 2021 dari Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalteng.

Rakor dihadiri Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkup Kementerian Keuangan dan Kementerian Negara/Lembaga serta Pejabat Administrator lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kementerian Negara/Lembaga. Hadir juga Sekretaris Daerah dan Kepala Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. (MMCKalteng/wdy/Foto:Asef)

Berita Lainnya

Leave a Comment