114 KPM di Desa Danau Usung Terima BLT DD

114 KPM di Desa Danau Usung Terima BLT DD

Puruk Cahu, gemakalteng.co.id Sebanyak 114 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Aula Desa Danau Usung Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya, Rabu (13/4/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Murung, Fitrianul Fahriman, Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Desa Danau Usung, Rahmad bersama perangkat, Pendamping Desa Pemberdayaan, Pendamping Lokal Desa, Tenaga Ahli Program Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA P3MD) dan Badan permusyawaratan Desa (BPD).

Camat murung, Fitrianul Fahriman saat wawancara mengatakan bahwa hari ini Desa Danau Usung telah melaksanakan penyaluran BLT DD untuk tahun anggaran 2022.

“Penyaluran BLT DD ini untuk memenuhi apa yang menjadi tanggungjawab desa, dimana seluruh desa menganggarkan 40 persen dari Dana Desa  untuk membantu masyarakat yang tidak mampu melalui program BLT DD,” katanya.

Lebih lanjut Fitrianul mengatakan, dari total dana yang diterima oleh desa, hari ini ada 114 KPM yang berhak menerima bantuan tersebut.

“Dibandingkan dengan tahun 2021 lalu jumlah penerima BLT meningkat cukup signifikan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Danau Usung, Rahmad menyampaikan bahwa pembagian BLT DD kepada 114 KPM tersebut diberikan kepada masyarakat  yang dianggap kurang mampu dan para lansia.

“Bantuan tersebut bersumber dari dana desa, per bulan sebesar tiga ratus ribu rupiah dihitung dari Bulan Januari sampai dengan Bulan Maret, jadi masing-masing KPM menerima bantuan sebesar sembilan ratus ribu rupiah,” papar Rahmad.

Rahmad menambahkan, Pemdes Desa Danau Usung menyalurkan BLT-DD kapada 114 KPM ini sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat bahwa 40 persen dari pagu Dana Desa wajib dianggarkan untuk kegiatan BLT-DD. Mengingat pademi covid masih berlangsung dan berharap sekarang kondisi mulai normal, namun pemerintah tetap memberikan perhatian penuh kepada masyarakat.

“Kami berharap agar masyarakat bisa memamfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan kebetulan sekarang ini kita memasuki pada bulan Ramadhan, diharapkan agar masyarakat mempersiapkan bekal untuk mengahadapi lebaran dengan bantuan tersebut,” pungkasnya. (GK/Hlm/Samad/Editor : Yud)

Berita Lainnya

Leave a Comment