Pemprov Kalteng Raih Dua Penghargaan Terkait DAK Fisik dan Penyediaan Data Laporan Keuangan

Pemprov Kalteng Raih Dua Penghargaan Terkait DAK Fisik dan Penyediaan Data Laporan Keuangan

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri Penyerahan Penghargaan Direktur Jenderal Perbendaharaan Untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng). Kegiatan berlangsung terpusat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur, Jumat (8/4/2022).

Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan bahwa hari ini merupakan momentum yang membahagiakan bagi jajaran Pemprov. Kalteng, atas diraihnya 2 (dua) penghargaan sekaligus, yakni : Juara Pertama dalam Kategori Kinerja Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tingkat Provinsi Tahun Anggaran 2021 dari Direktur Jenderal Perbendaharaan, dengan capaian kinerja penyaluran DAK Fisik s/d 31 Desember 2021 adalah Rp1.5 Triliun lebih atau 95,04% dari pagu sebesar Rp1.6 Triliun lebih; dan, Penghargaan Hapakat Award sebagai Juara Pertama Kategori Kerjasama dan Kontribusi Terbaik Penyediaan Data dan Informasi, Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah dan Statistik Keuangan Pemerintah periode Semester II Tahun 2021 dari Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalteng.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia, lanjutnya, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perbendaharaan Prov. Kalteng dan KPPN beserta jajaran, selalu mendorong percepatan penyaluran DAK Fisik agar manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat. Guna mengungkit pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kalteng, utamanya di masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

“Kami mendukung Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalteng agar dapat menjalankan peran baru dalam penguatan fungsi untuk lebih kontributif bagi perekonomian daerah, melalui pelaksanaan fungsi sebagai Regional Chief Economist (RCE), sebagai posisi yang memiliki tanggung jawab utama guna pengembangan dan koordinasi, dengan ruang lingkup perencanaan, pengawasan, dan penyebaran informasi, dan koordinasi penelitian ekonomi,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini nantinya akan dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalteng dengan Pemprov. Kalteng dalam hal ini Sekretaris Daerah Prov. Kalteng.

 

“Atas nama Pemprov. Kalteng, Saya mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan setingi-tingginya atas koordinasi dan sinergi yang selama ini telah terjalin baik, antara Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) bersama Pemprov. Kalteng. Semoga apa yang telah kita upayakan akan memberikan keberhasilan dan kemajuan di masa yang akan datang, untuk melanjutkan pembangunan dalam upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, guna mewujudkan Kalteng Makin Berkah,” tutup Edy.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Prov. Kalteng Hari Utomo dalam sambutannya menyampaikan dengan capaian yang diraih Pemprov. Kalteng diharapkan Kepala Perangkat Daerah lingkup Prov. Kalteng sebagai penerima alokasi di angka fisik dapat lebih meningkatkan kinerja serta mengakselerasi serapan dananya. Mengingat manfaat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Prov. Kalteng menjadi sangat penting.

“Kalau kita melihat output yang dihasilkan dari alokasi di angka fisik di Tahun 2021 capaian-capaian output tersebut berhasil diwujudkan para Satuan Organisasi Perangkat Daerah penerima alokasi di angka fisik di wilayah Prov. Kalteng yang tentunya menjadi bagian dari upaya Pemerintah Daerah lingkup Kalteng dalam meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Hari Utomo.

Hari berharap mengingat mekanisme penyaluran di angka fisik masih relatif sama dengan Tahun 2021 untuk mendorong percepatan pemenuhan persyaratan penyaluran di angka fisik tahap pertama dan tahap selanjutnya sehingga manfaat dari output yang dihasilkan tersebut bisa segera dirasakan oleh masyarakat Kalteng.

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresisasi selama ini koordinasi dan sinergi yang telah dilakukan baik oleh Kanwil serta jajaran dari Sekretariat Daerah Prov. Kalteng sehingga kinerja penyaluran di angka fisik untuk Prov. Kalteng dapat meraih penghargaan dari Direktur Jenderal Perbendaharaan,” pungkas Hari.

Turut hadir mendampingi Wagub, Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah beserta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. (MMCKalteng /Ay/Foto:Agung)

Berita Lainnya

Leave a Comment