Ketua TP PKK Ivo Sugianto Sabran Tinjau Kebun Percontohan dan Lakukan Panen Bersama

Ketua TP PKK Ivo Sugianto Sabran Tinjau Kebun Percontohan dan Lakukan Panen Bersama

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran mengunjungi kebun percontohan di arena pameran Jalan Temanggung Tilung Kota Palangka Raya, Jumat (8/4/2022). Kunjungan Ivo sekaligus panen bersama.

 

Kegiatan ini merupakan salah salah satu kegiatan yang termasuk dalam 10 program PKK yaitu kemandirian keluarga salam pemanfaatan lahan pekarangan. Disela-sela kunjungan, Ketua TP. PKKK Ivo Sugianto Sabran menyebut bahwa masyarakat harus kreatif dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga. Dengan demikian tidak selamanya harus menjadi konsumtif dengan melakukan pembelian, tetapi bisa mandiri dengan pemanfaatan pekarangan yang ada.

“ Pemanfaatan pekarangan untuk kebun keluarga apalagi di masa pandemi saat ini merupakan langkah yang tepat dalam menopang ketahanan pangan keluarga” ucap Ivo.

 

Lebih lanjut Ivo menyebut bahwa dalam progam PKK, mewujudkan kemandirian keluarga merupakan hal yang sangat penting. Kreativitas dan kepekaan sesorang terhadap lingkungan sekitar, bukan hanya bermanfaat untuk kemandirian, bahkan bisa mampu melahirkan kegiatan yang bernilai ekonomi.

Sebagaimana diketahui, kebun percontohan di lokasi Temanggung Tilung merupakan kebun yang ditanami sayuran juga tanaman yang berasal dari Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah, dan PKK menginisiasi untuk membudidayakannya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Kalteng Riza Rahmadi menambahkan bahwa tanaman yang ditanam dikebun tersebut berupa komoditas jagung, melon, pepaya, tomat, terong, pare, kacang tanah, buah naga, labu madu, labu putih, singkong, labu kuning, markisa dan sebagainya.

“Penanaman sudah dimulai sejak Bulan Februari 2022 yang lalu, kebun ini difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Kalteng, sedangkan sarana produksi dari PKK, dan pendampingan dari Dinas DTPHP,”terangnya. (MMCKalteng/AS/Foto:Ist)

Berita Lainnya

Leave a Comment