Menyongsong Idul Fitri, Gubernur Sugianto Sabran Silaturahmi dengan Pemkab/ Pemkot dan Perwakilan Elemen Masyarakat Secara Virtual

Menyongsong Idul Fitri, Gubernur Sugianto Sabran Silaturahmi dengan Pemkab/ Pemkot dan Perwakilan Elemen Masyarakat Secara Virtual

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran Safari Ramadan dengan Bupati/Walikota, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Ormas Islam, Imam dan Kaum Masjid, Anak Yatim Piatu, Fakir Miskin di Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng serta Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Insan Pers. Safari Ramadan digelar secara hybrid, terpusat di Istana Isen Mulang Palangka Raya, Kamis (28/4/2022).

Safari Ramadan diawali dengan Pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Quran, Sekapur Sirih Segenggam Benih dari Perwakilan Pemprov Kalteng, Sambutan Bupati/ Wali Kota dan / atau pejabat setempat, Laporan Sekretaris Daerah Prov. Kalteng, Penyerahan bantuan diawali dari Istana Isen Mulang dan seterusnya di Kabupaten/ Kota, Sambutan Gubernur Kalteng, Tausiyah, dan terakhir Buka Puasa bersama.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya pada Safari Ramadan se-Kabupaten/Kota Tahun 1443 H/2022 M mengatakan Safari Ramadan kali ini dalam rangka bersilaturahim sekaligus Buka Puasa Bersama dirangkai dengan pemberian Bantuan Uang Tunai kepada Imam/Kaum Masjid/Musholla, Anak-anak Yatim Piatu, Fakir Miskin dan Manula se- Kalteng.

Memasuki penghujung bulan Suci Ramadan Tahun 1443 H/2022 M, Gubernur H. Sugianto Sabran menghimbau kepada warga masyarakat Kalteng untuk terus menerus meningkatkan kualitas amal ibadah disisa waktu yang ada ini dengan penuh khidmat, khusyuk dan penuh kedamaian sehingga amal ibadah yang dikerjakan khususnya ibadah puasa dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam, guna menjadikan kita sebagai insan yang memiliki derajat ketaqwaan yang tinggi disisi Allah SWT, menuju Kalteng Berakhlak Penuh Keberkahan.

“Kami Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah siap memfasilitasi Calon Jamaah Haji”, ucap Gubernur.

Kedua, dalam rangka menyongsong Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, diminta kepada semua pihak terkait untuk menjaga stabilitas dan kecukupan bahan pokok strategis dan logistik lainnya dengan harga yang normal dan relatif terjangkau.

“Kepada para pedagang Saya minta untuk tidak melakukan penimbunan dalam bentuk apapun. Sehingga kestabilan harga bahan pokok dapat terkendali dengan baik”, tegas Gubernur.

Ketiga, kepada masyarakat Kalteng, diminta untuk tetap menjaga kerukunan, keamanan sehingga Kalteng harmonis dan kondusif. Keempat, kepada Imam/Kaum Masjid dan Musholla, Anak-anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin/Manula sebagai rasa cinta dan ucapan terima kasih, Pemprov Kalteng memberikan bantuan Uang Tunai yang diharapkan bisa bermanfaat.

Terakhir, kepada Bupati/Walikota, Gubernur mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya sehingga pembangunan di Kalteng berhasil.

Pencermah yang memberikan tausiyah pada Safari Ramadan kali ini adalah KH. Akhmad Sanusi Ibrahim yang populer dipanggil Guru jaro menyampaikan tentang silahturahmi.

“Allah ingatkan kita dalam Al Quran, duribat alaihimuz-zillatu aina ma suqifu illa biḥablim minallahi wa ḥablim minan-nasi, ditimpa kemudaratan, ditimpa kehancuran dimana saja kalian berada kecuali berpegang teguh, berhubungan indah dengan Allah dan berhubungan indah dengan sesama manusia untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat”, tutur KH. Akhmad Sanusi Ibrahim.

Rangkaian safari ramadan dilakukan penyerahan bantuan diawali penyerahan oleh Gubernur Kalteng dari Istana Isen Mulang dan seterusnya dilanjutkan oleh masing-masing Kepala Daerah di Kabupaten/ Kota se-Kalteng.

Adapun bantuan yang diberikan untuk Imam/Kaum Masjid/Musholla di seluruh Kabupaten/Kota sebanyak 5.086 orang. Untuk masing-masing Imam/Kaum Masjid/Musholla diberikan bantuan sebesar Rp.1.000.000 per orang dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 5.086.000.000,-. Sementara itu, untuk jumlah bantuan yang diberikan kepada anak panti asuhan dan pengasuh di seluruh Kabupaten/Kota sebanyak 3.228 orang. Untuk masing-masing anak panti asuhan dan pengasuh diberikan bantuan sebesar Rp.500.000 per orang dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 1.614.000.000,-.

Untuk jumlah bantuan yang diberikan kepada fakir miskin/ manula dan pengasuh di seluruh Kabupaten/Kota sebanyak 3.280 orang. Untuk masing-masing fakir miskin/ manula dan pengasuh diberikan bantuan sebesar Rp.500.000 per orang dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 1.640.000.000,-.

Untuk bantuan buka puasa bersama diserahkan bantuan dari Pemprov Kalteng masing-masing Rp. 10.000.000,- untuk 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng. Total keseluruhan bantuan yang diberikan yakni sebesar Rp. 8.470.000.000,-. Bagi MUI Prov. Kalteng, PW NU Kalteng, PW Muhammadyah Kalteng menerima dana hibah masing-masing Rp. 1 M dari Pemprov Kalteng.

Hadir di Istana Isen Mulang yakni Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Wakil Ketua DPRD Kalteng H. Abdul Razak dan Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin. Safari Ramadan juga diikuti secara langsung dan virtual oleh Forkopimda, Anggota Pendukung Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan/BUMN/BUMD, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng serta Imam dan Kaum Masjid, Anak Yatim Piatu, Fakir Miskin se-Kalteng, Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Insan Pers. (Sumber : MMCKalteng/wdy/Foto:Asef)

Berita Lainnya

Leave a Comment