Masyarakat Lebih Waspada Terhadap Kawasan Padat Penduduk

Masyarakat Lebih Waspada Terhadap Kawasan Padat Penduduk

Puruk Cahu, gemakalteng.co.id – Peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah padat penduduk di Kabupaten Murung Raya (Mura) beberapa waktu lalu mengakibatkan kerugian materi yang tidak sedikit dan potensi ancaman atas keselamatan masyarakat akibat peristiwa tersebut. Hal ini menjadi perhatian dari Komisi II DPRD Murung Raya.

Ketua Komisi II Heriyus M Yoseph SE saat di bincangi wartawan di ruang kerjanya mengatakan bahwa musibah kebakaran yang terjadi di RT II Desa Bahitom Kecamatan Murung yang terjadi pada Jumat (9/9/2022) lalu menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat, khususnya daerah-daerah kawasan padat penduduk.

Karena menurutnya pada kawasan padat pemukiman resiko dan potensi terjadinya kebakaran cukup tinggi di bandingkan kawasan-kawasan lainnya, sehingga perlu adanya langkah-langkah antisipasi baik dari masyarakat, khususnya pengambil kebijakan strategis di kawasan tersebut.

“Kami di Komisi II selaku mitra kerja dari BPBD mendorong agar edukasi dan sosialisasi upaya pencegahan di masyarakat dapat tingkatkan. Terkait hal ini pihak BPBD perlu membangun sinergitas dengan pihak teknis lainnya seperti Satpol PP dan Damkar setempat, agar dalam pelaksanaannya lebih tepat sasaran dan optimal,” kata Legislator asal Partai PDI-Perjuangan, Minggu (11/9/2022).

Heriyus kembali menambahkan agar masyarakat menambah pengetahuan, bagaimana cara melakukan percegahan terhadap kebakaran. Caranya dengan menambah pengetahuan tentang apa saja penyebabnya, bagaimana cara  mengantisipasi dan meminimalisasi kerugian materi hingga korban jiwa.

“Itulah pentingnya sosialisasi yang menjadi tugas bersama khususnya pemerintah daerah bersama pemerintah desa setempat,” ucap Heriyus.

 

 

Pewarta : Helminadi
COPYRIGHT © GEMAKALTENG

Berita Lainnya

Leave a Comment