Hadiri Puncak Peringatan Hari Kartini Tingkat Nasional Tahun 2022, Wagub Kalteng Menilai Perempuan Memiliki Peran Penting Dalam Memberi Kontribusi Pada Pembangunan Bangsa

Hadiri Puncak Peringatan Hari Kartini Tingkat Nasional Tahun 2022, Wagub Kalteng Menilai Perempuan Memiliki Peran Penting Dalam Memberi Kontribusi Pada Pembangunan Bangsa

Palangka Raya, gemakalteng.co.id – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo didampingi istri Hj Nunu Andriani Edy Pratowo menghadiri Puncak Peringatan Hari Kartini Tingkat Nasional Tahun 2022. Acara ini dihadiri secara virtual dari Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (21/4/2022).

Puncak Peringatan Hari Kartini Tingkat Nasional Tahun 2022 digelar terpusat dari Istana Negara dipimpin langsung Ibu Negara RI selaku Ketua Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (Oase) Hj. Iriana Joko Widodo didampingi Hj. Wury Estu Maaruf Amin.

Ketua Oase Hj. Iriana Joko Widodo dalam arahannya mengucapkan selamat Hari Kartini ke-144 Tahun 2022 kepada seluruh perempuan Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat Hari Kartini ke-144 Tahun 2022. Kepada seluruh perempuan Indonesia dimanapun berada, berkat dan perjuangan semangat Kartini, perempuan-perempuan Indonesia bisa sejajar dengan laki-laki dalam segala bidang kehidupan dan serta turut serta dalam pembangunan keluarga, Bangsa dan Negara”, tutur Hj. Iriana Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut, Hj. Iriana Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan perempuan dan seluruh perempuan Indonesia yang telah berjuang mengendalikan pandemi di Tanah Air.

“Saya juga turut berduka cita terhadap perempuan-perempuan Indonesia yang telah gugur dalam menjadi garda terdepan pada penanganan Covid-19”, pungkasnya.

Ketua Peringatan Hari kartini Tahun 2022 Tri Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan dalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2022, Oase bekerjasama dengan Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Provinsi memberikan penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi di seluruh Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Kegiatan ini untuk mengibarkan seluruh semangat juang kartini yang telah berjasa bagi perempuan Indonesia juga sebagai pendorong bagi perempuan Indonesia memupuk karya nyata yang berguna bagi masyarakat, Bangsa dan Negara.

“Momentum Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 ini, dijadikan modal kebangkitan kaum perempuan dalam membangun Bangsa dan Negara. Bagi perempuan yang mendapat penghargaan, ini merupakan sebuah karya, prestasi yang ditunjukan kaum perempuan di berbagai bidang dan berperan aktif dalam pembangunan Bangsa dan Negara dengan upaya-upaya yang dilakukan sesuai dengan bidang tugasnya”, ungkap H. Edy Pratowo.

“Saya ucapkan selamat kepada kaum perempuan, Kartini-kartini yang ada seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng dan terus berjuang. Sesuai pesan dari ibu Iriana, tidak ada kata berhenti untuk selalu berkreasi, berprestasi dan berinovasi”, imbuhnya.

Edy menilai bahwa perempuan-perempuan saat ini sudah bisa mensejajarkan diri dan dalam berkontribusi membangun Negara. Di Pemprov Kalteng sendiri, telah menerapkan kesetaraan gender.

“Pemprov. Kalteng juga telah menunjukan akan adaanya kesejajaran perempuan, contohnya ASN di Kalteng, banyak perempuan yng menempati posisi-posisi penting sebagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah. Ini merupakan salah satu kepercayaan bahwa perempuan mampu untuk memberikan atau menjadi leader dalam sebuah organisasi. Tidak harus laki-laki”, jelasnya.

“Kedepan peningkatan kesamaan gender, merupakan salah satu program memberikan nilai dan dampak yang baik bagi pembangunan. Peran perempuan sekarang ini bukan hanya sebagai ibu rumah tangga saja, tetapi bisa berperan aktif di bidang-bidang lainnya”, tutupnya.

Hadir di Aula Jayang Tingang diantaranya Forkopimda Prov. Kalteng, Anggota Pendukung Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati/Walikota beserta Ketua TP-PKK se-Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng beserta Organisasi Perempuan Prov. Kalteng. (Sumber : MMCKalteng/wdy/Foto:Asef)

Berita Lainnya

Leave a Comment