Hadiri Buka Puasa Bersama, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Katma F. Dirun Ajak Insan Pers Perangi dan Lawan Hoaks

Hadiri Buka Puasa Bersama, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Katma F. Dirun Ajak Insan Pers Perangi dan Lawan Hoaks

Palangka Raya, gemakalteng.co.id – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Prov. Kalteng Katma F. Dirun menghadiri acara Buka Puasa Bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prov. Kalteng. Acara berlangsung di Hotel Neo Palma Palangka Raya, Sabtu (9/4/2022).

Buka Puasa bersama diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan dirangkai dengan Salat Magrib Berjamaah dan ramah tamah/makan malam.

Katma F. Dirun saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan sebagai mitra strategis, Pemprov. Kalteng menyambut baik kegiatan buka puasa bersama yang digagas PWI Prov. Kalteng.

“Kegiatan ini diharapkan bisa mempererat tali silahturahmi antara jajaran pengurus, anggota, pimpinan media, beserta mitra kerjanya, secara khusus Pemprov. Kalteng”, tutur Katma.

Sebagaimana diketahui, PWI merupakan organisasi profesi kewartawan yang tertua di Indonesia. Keberadaannya dari dulu sudah sangat berpihak kepada masyarakat dimulai jaman perjuangan kemerdekaan hingga sekarang. Tidak heran, PWI menjadi mitra strategi Pemerintah dalam mengisi kemerdekaan, dan pelaksanaan pembangunan.

Katma mengutarakan jalinan silahturahmi yang dibungkus dengan kegiatan ibadah buka puasa bersama, menjadi sebuah sarana srtategis dalam peningkatan kemitraan.

“ Melalui kegiatan kita bisa kembali memperkuat tali silahturahmi yang sempat tertunda akibat Covid-19, saling bertemu kembali, setelah beberapa waktu sulit untuk bertatap muka langsung”, ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, di zaman digitalisasi, Pemerintah membutuhkan wartawan kompeten yang bisa membantu melawan serangan hoaks yang semakin masif. Tidak bisa dipungkiri, hoaks mampu menggiring opini publik yang bisa membuat konflik sosial, Peran wartawan menjadi sangat penting menangkal hoaks melalui PWI sebagai organisasi yang menyiapkan wartawan yang profesional. Tanpa adanya pers, tentu Pemerintah tidak biasa menyampaikan berbagai informasi mengenai pembangunan secara optimal kepada masyarakat, baik kegiatan maupun program yang mereka miliki, serta ragam capaian yang berhasil diraih. Selama ini Pemerintah Provinsi telah menjalin kemitraan yang baik bersama banyak perusahaan media di wilayah setempat.

“Sehubungan dengan itu, saya mengajak kita sekalian memerangi dan melawan hoaks. Karena dampak dari pembiaran atas penyebaran berita hoaks bisa berbahaya dan menyebabkan konflik ditengah masyarakat kita yang senantiasa mengedepankan hidup damai, kekeluargaan”, tambahnya.

Katma juga mengatakan bahwa Pemerintah akan sangat mendukung setiap program yang dilaksanakan PWI, sepanjang tujuannya untuk memberikan informasi sesuai fakta sebenarnya sehingga PWI Kalteng bisa bersinergi dengan Pemprov Kalteng dalam mewujudkan masyarakat Kalteng Makin Berkah.

Ketua PWI Prov. Kalteng HM Haris Sadikin dalam laporannya mengatakan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan rutin PWI Kalteng.

“Ini menjadi sebuah tradisi kegiatan silahturahmi dengan mitra PWI”, ucap Haris.

Haris juga mengungkapkan bahwa PWI mempunyai program-program menyiapkan kader-kader wartawan untuk siap berkompetensi menghadapi perkembangan zaman.

“Program-program yang kami laksanakan banyak menyangkut peningkatan kompetensi wartawan. PWI tidak bisa berjalan sendiri dalam melaksanakan program-programnya, tentunya dukungan dari Pemprov Kalteng sangat besar ke PWI khususnya Kadis Kominfo Provinsi maupun Kadis Kominfo Kota Palangka Raya, sangat luar biasa, kami mendapatkan tempat untuk melaksanakan program-program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kimpetensi wartawan di Prov. Kalteng” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Ketua FKUB Prov. Kalteng serta para tamu undangan. (MMCKalteng/wdy/Foto:Agung)

Berita Lainnya

Leave a Comment