Gubernur Kalteng Apresiasi Prestasi dan Capaian Pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat

Gubernur Kalteng Apresiasi Prestasi dan Capaian Pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat

Pangkalan Bun, gemakalteng.co.id Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran berikan apresiasi atas prestasi dan capaian pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat. Hal ini disampaikan Pj. Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pada Upacara Peringatan Hari Jadi ke-63 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Bupati Kotawaringin Barat, Senin (3/10/2022).

Sebagaimana diketahui, prestasi dan capaian pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat diantaranya melalui inovasi pembiayaan infrastruktur di masa pasca pandemi COVID-19 pada Dinas Pekerjaan Umum berhasil menjadi salah satu TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022, penghargaan dari Pemerintah Pusat atas prestasi menduduki peringkat ketiga dari 416 Kabupaten se-Indonesia dalam hal realisasi pendapatan daerah tertinggi se-Indonesia, penghargaan sebagai Kabupaten bebas Frambusia dari Kemenkes dalam acara puncak Hari Malaria Sedunia.

Selain itu juga, meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan atas prestasi meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) delapan kali berturut-turut pada acara puncak Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2022, meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai Kabupaten pelopor Penerapan Alokasi Anggaran Berbasis Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menerima penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) karena menduduki peringkat pertama dari seluruh entitas di wilayah Kalteng atas capaian Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TL-RHP) sampai semester II tahun 2021 dengan angka 98,89%.

Capaian lainnya yakni penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; Peringkat I capaian MCP tahun 2022 se-Provinsi Kalteng; dan terkhusus, Desa Kumpai Batu Bawah, terbaik I Lomba Kampung keluarga berkualitas tingkat Prov. Kalteng.

Anang Dirjo saat menyampaikan pesan Gubernur Kalteng agar capaian pembangunan yang telah diraih dapat dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan. “Disisi lain, berbagai kekurangan atau permasalahan yang masih dihadapi harus segera dievaluasi dan diperbaiki dengan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel, demi memacu pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kotawaringin Barat”, tandasnya.

Dari Pemprov Kalteng hadir Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran dan Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng H. Abdul Razak. Dari Pemkab hadir Pimpinan DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Unsur Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Barat, Sekda Kabupaten Kotawaringin Barat Suyanto serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat dan Para Sesepuh, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat Kabupaten Kotawaringin Barat. Hadir pula sejumlah Bupati se-Kalteng. (MMC Kalteng/AS/Foto:Feri)

Berita Lainnya

Leave a Comment