Dinas Kesehatan Pulpis Peringati HCTPS Bersama TK Pembina

Pulpis
Dinas Kesehatan Pulpis Peringati HCTPS Bersama TK Pembina
Ketua TP PKK Pulpis Hj Nunu Andriani Edy Pratowo bersama Kadid Kesmas Dinkes Makruf Kuhkri membimbing anak-anak TK Pembina cara mencuci tangan pakai sabun yang benar.- (Photo : BGT)

PULANG PISAU, gemakalteng.co.id –¬†Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (15/10) memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia tahun 2019, Tingkat Kabupaten Pulang Pisau bersama anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina.

Kepala Dinkes Pulang Pisau, dr. Muliyanto Budihardjo mengatakan, peringatan HCTPS ini dirayakan serentak di seluruh Indonesia bahkan dunia.

“Ini digelar serentak di Indonesia bahkan dunia. Salah satu tujuannya untuk mengurangi angka Stunting dan menambah kecerdasan anak. Jadi, manfaat cuci tangan ini sangat penting sekali dan banyak manfaatnya,” kata dr Mulyanto

Mulyono juga menjelaskan, gerakan cuci tangan pake sabun harus dikampanyekan sejak dini. Karena, mampu meningkatkan nilai kesehatan di masyarakat.

“Kedepan, kami pun akan menjalankan program cuci tangan pakai sabun ini ke sekolahan dan puskesmas di wilayah Kabupaten Pulpis. Sejauh ini, untuk kesadaran masyarakat memang cukup baik, hanya saja perlu terus kita ingatkan,” ucapnya

Terpisah, Ketua TP-PKK Pulpis, Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo mengatakan, kegiatan ini upaya mengajarkan perilaku sederhana, namun dampaknya luar biasa, yakni cuci tangan pakai sabun mulai dari anak-anak usia dini.

“Cuci tangan pakai sabun ini kita ajarkan mulai usia dini, dan keluarga agar tidak mudah tertular berbagai macam penyakit termasuk terbebas dari permasalahan Stunting, sesuai program pemerintah pusat. Kedepannya kita juga bersama Dinkes setempat akan menggerakkan kegiatan ini di wilayah kecamatan lainnya di Kabupaten Pulpis, kata itri Bupati Pulpis, Edy Pratowo.- (GK/BGT/Samad/Jimmy)

Berita Lainnya

Leave a Comment