Buaya Di Sungai Mentaya Membuat Resah, Ditpolair Pasang Papan Imbauan

SAMPIT, gemakalteng.co.id

Hewan Buas (Buaya) yang ada di sepanjang sungai Mentaya Desa Bengkirai, Kamapit dan desa Tamiangan Kecamatan Baamang Kab. Kotawaringin Timur.

Sejumlah papan informasi yang berisikan himbauan hati-hati binatang buas jenis buaya terpasang di sekitar desa yang ada di Kecamatan Baamang untuk menghindari terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan korban mengalami luka-luka hingga sampai dengan kematian.

Dirpolairud Polda Kalteng Kombes Pol.Pitoyo Agung Yuwono, S.I.K., M.Hum melalui Komandan Kapal Polisi XVIII – 2005 Bripka Sunardi mengatakan pihaknya akan terus melakukan patroli secara rutin di sekitar sungai Mentaya dan memberikan himbauan kepada warga terkait banyaknya Binatang Buaya di sepanjang sungai yang berdekatan dengan pemukiman warga di 3 desa tersebut, memang sampai saat ini hewan buaya tersebut belum membahayakan namun dikhawatirkan akan menimbulkan adanya korban termasuk memakan ternak warga mengingat pertumbuhan dan perkembangan habitat hewan buaya tersebut semakin banyak.

Sambung Bripka Sunardi, kami menghimbau kepada warga di 3 Desa yang ada di Kecamatan Baamang ini agar menjaga ternaknya bahkan menjaga anak anaknya agar tidak mandi dan bermain di pinggiran sungai.

Kepala Desa Bengkirai Kasmo Joyo membenarkan adanya hewan buas buaya yang sering berkeliaran di desanya pada saat air mulai surut di sore hari, bahkan dirinya juga mengatakan bahwa salah satu warganya yang sedang memasang perangkap ikan mengadukan kepada dirinya bahwa perangkap ikan yang di pasang di duga dirusak oleh buaya yang mencari makan sehingga hal ini juga sudah membuat warga resah.

Warga setempat berharap agar keresahan warga mengenai buaya tersebut di dengar oleh pemerintah terkait,sehingga warga lebih aman, nyaman, dan tidak takut lagi saat mencari ikan maupun beraktifitas di sungai Mentaya. (GK/Sutran)

Berita Lainnya

Leave a Comment