Asah Generasi Muda, FKIP UMPR Selenggarakan Tiga Kompetisi Tingkat Nasional

NASIONAL : FKIP UMPR selenggkaran 3 Kompetisi Tingkat Nasional untuk mengasah para Generasi Muda Indonesia.

PALANGKA RAYA, gemakalteng.co.id

Dalam rangka mengembangkan kemampuan dan bakat mahasiswa dan siswa dalam menyampaikan Pemikiran atau pendapat melalui karya dan inovasi, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah  Palangkaraya (UMPR) selenggarakan Pekan Kreativitas Inovasi Pembelajaran dan Kewirausahaan Tingkat Nasional di akhir tahun 2021 ini. Kegiatan Pekan Kreativitas Inovasi Pembelajaran dan Kewirausahaan ini merupakan terobosan FKIP dan merupakan rangkaian Program Kompetisi Kampus Merdeka Kemendikbudristekdikti. Adapun tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Mewujudkan Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif serta Berjiwa Entrepreneur”.

Hendri, M.Pd. selaku Dekan FKIP UMPR mengatakan bahwa dalam Pekan Kreativitas Inovasi Pembelajaran dan Kewirausahaan akan ada 3 kompetisi atau lomba. “Pertama, Lomba Inovasi Produk Kewirausahaan yang periode pendaftarannya dari 10 hingga 25 November 2021. Kedua, Lomba Inovasi Teknologi Informasi yang periode periode pendaftarannya dari 10 hingga 25 November 2021 juga. Ketiga, Lomba Debat Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional yang periode pendaftarannya dari 9 hingga 20 November 2021. Total hadiah dari seluruh kompetisi ini mencapai 60 juta rupiah,”jelas Hendri, M.Pd, Jumat (12/11).

Pada Lomba Inovasi Produk Kewirausahaan, FKIP UMPR mengusung tema khusus yaitu “Terciptanya Kreativitas dan Inovatif dalam Berwirausaha demi Menciptakan Jiwa Entrepreneurship di Kalangan Anak Muda” dan dapat diikuti oleh kalangan Siswa dan Mahasiswa. Total hadiah yang diperebutkan pada lomba ini mencapai 17,5 juta rupiah. Pendaftaran dibuka dari tanggal 10-25 November 2021 dan perlombaan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Desember 2021.

Pada Lomba Inovasi Produk Pembelajaran Berbasis IT, FKIP UMPR juga mengusung tema khusus yaitu “Peran Teknologi Informasi untuk Menciptakan Inovasi Cerdas Berbasis Multimedia untuk Masa Depan” dan dapat diikuti oleh kalangan Siswa dan Mahasiswa. Total hadiah yang diperebutkan pada lomba ini mencapai 25 juta rupiah. Pendaftaran dibuka dari tanggal 10-25 November 2021 dan perlombaan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Desember 2021.

Baca Juga :  Peringati Hari Kartini, Polwan Polda Kalteng Bagikan 150 Paket Sembako

Pada Lomba Debat Ekonomi Kreatif Mahasiswa Tingkat Nasional, FKIP UMPR mengusung tema khusus yaitu “Mewujudkan Mahasiswa yang Berpikir Kritis, Mampu Berkompetisi dan Mampu Mengemukakan Argumen terhadap Permasalahan Ekonomi”. Adapun  lomba debat ini hanya dikhususkan untuk kalangan Mahasiswa. Total hadiah yang diperebutkan pada lomba ini mencapai 17,5 juta rupiah. Pendaftaran dibuka dari tanggal 9-20 November 2021 dan perlombaan dilaksanakan pada tanggal 22-24 November 2021.

Dekan FKIP UMPR, Hendri, M.Pd dalam rilisnya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai komitmen  FKIP UMPR dalam mengasah dan menyalurkan bakat-bakat muda. “Karena mereka inilah yang akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang, maka kegiatan kompetisi tingkat nasional ini sebagai bukti bahwa FKIP UMPR hadir untuk seluruh pelajar dan mahasiswa se-Indonesia,”ujar Hendri, M.Pd.

Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. tentunya sangat mengapresiasi Kegiatan Pekan Kreativitas Inovasi Pembelajaran dan Kewirausahaan Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh FKIP UMPR. “Semoga kegiatan ini lancar dan berjalan sesuai apa yang diharapkan,”kata Dr. Sonedi, M.Pd.

Sehubungan dengan Pekan Kreativitas Inovasi Pembelajaran dan Kewirausahaan Tingkat Nasional ini, Dr. Sonedi, M.Pd. juga menyampaikan ajakannya kepada seluruh Siswa dan Mahasiswa yang ada di Indonesia khususnya yang berada di Wilayah Kalimantan untuk mengikuti kompetisi ini. “Karena melalui kompetisi yang diselenggarakan oleh FKIP ini maka kita mampu mengasah generasi muda kita hingga menjadi generasi muda yang kreatif dan Inovatif serta berjiwa entrepreneur,”tutup Dr. Sonedi, M.Pd. (GK/Sutran/Ap/My)

Bagikan Berita

Berita Lainnya

Leave a Comment