Wagub Kalteng Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

By Yudhi Setyo Okt1,2023
Wagub Kalteng Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Berlangsung di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di lingkungan Prov. Kalteng, Minggu (1/10/2023).

Dengan mengangkat tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” acara ini turut dihadiri Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait serta Pejabat Administrator lingkup Pemprov Kalteng.

Usai memimpin upacara, Wagub menyampaikan bahwa seyogyanya upacara akan dilangsungkan di luar ruangan namun saat ini udara di Kota Palangka Raya dalam beberapa hari terakhir sedang tercemar oleh polusi asap akibat Karhutla sehingga dilaksanakan di dalam ruangan.

“Hari ini kita memperingati hari Kesaktian Pancasila, ini kita jadikan momentum untuk mengenang para Pahlawan Revolusi yang telah gugur pada saat peristiwa G30S/PKI. Tentunya makna yang kita ambil dari  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bahwa kita memiliki pedoman, pandangan dasar, falsafah negara, Pancasila sebagai benteng kekuatan kita yang terkandung di dalam lima sila Pancasila tersebut. Tentunya lima kekuatan tersebut yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila, kita berharap dapat terus memperkokoh kebersamaan, kekompakan sehingga negara kita semakin kuat, semakin maju di masa akan datang untuk bersaing dengan negara luar,” kata Edy.

Melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dari peristiwa G30S/PKI diharapkan agar dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara, dan mengamalkan pancasila. (red)

Baca Juga :  Wagub Lantik dan Kukuhkan Pengurus Pakuwojo Kalteng

Berita Lainnya

error: Maaf Bos