Wagub Edy Pratowo Resmi Luncurkan Core Values ASN BerAkhlak

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

Palangka Raya, GK – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo secara resmi meluncurkan Core Values ASN BerAkhlak Dengan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa” dan membuka Workshop Kepemimpinan Bagi Kepala Perangkat Daerah Lingkup Prov. Kalteng Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung terpusat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (31/3/2022) dan digelar secara Hybrid. Kegiatan ini mengambil tema “ASN BerAkhlak, Kalimantan Tengah Penuh Keberkahan.”

H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, sebagai langkah tindak lanjut Pemprov. Kalteng terhadap arahan dari Presiden Republik Indonesia (RI) H. Joko Widodo, terkait Core Values (Nilai Dasar) ASN yang baru yaitu BerAKHLAK.

Secara terminologi, Akhlak merupakan tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik. Sehingga akhlak yang baik tercermin pada perangai, tingkah laku, atau tabiat yang baik pula.

Edy mengatakan dalam era Reformasi Birokrasi, perubahan harus dilakukan secara masif, konsekuen, dan konsisten. Guna tercapainya perbaikan dalam segala bidang, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Reformasi Birokrasi merupakan perubahan pola pikir dan budaya kerja dari aparatur negara, yang merupakan upaya pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem dalam penyelenggaraan pemerintahan.

 

“Perubahan menuju birokrasi dinamis tentu tidak bisa diraih dengan cara-cara lama. Diperlukan perubahan fundamental pada pola pikir dan sikap mental ASN yang tadinya hierarkis, menjadi lebih lincah dan inovatif,” kata Edy.

Agar implementasi undang-undang dan peraturan pemerintah terkait Manajemen Pegawai Negeri Sipil dapat berjalan maksimal, maka pada tanggal 27 Juli 2021, Presiden RI H. Joko Widodo meluncurkan Core Value dan Employer Branding ASN BerAKHLAK yang berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Presiden menegaskan bahwa setiap ASN dimanapun bertugas, sudah seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama, sehingga dapat menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional,” ujar Edy.

 

Edy mengajak seluruh ASN di Kalteng, agar memiliki orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat; bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan; terus belajar dan mengembangkan kapabilitas; saling peduli dan menghargai perbedaan yang ada; berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara; terus berinovasi; serta membangun kerja sama yang sinergis.

“Seorang ASN BerAKHLAK tentu akan menghindari segala bentuk perilaku menyimpang terlebih praktik-praktik korupsi yang dapat merugikan masyarakat dan negara,” imbuhnya.

Edy juga menginformasikan selain melakukan launching, juga sekaligus melaksanakan sosialisasi dan internalisasi ASN BerAKHLAK.

“Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat dan dampak yang besar terhadap keberhasilan implementasi Core Values ASN BerAKHLAK di Prov. Kalteng,” pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini.

Nuryakin menjelaskan kegiatan Launching ini menjadi kesempatan bersama untuk bekerja secara profesional dan substantif. Dengan tantangan serba kekinian, yang mewujud pada beragam perubahan besar semua lini sendi kehidupan bermasyarakat dan bernegara, pilihan tegasnya hanyalah terletak pada upaya untuk mewujudkan profesionalisme dengan optimal. Profesionalisme niscaya sebuah level yang dapat dituju hanya dengan mendapatkan kesempatan berharga dalam upaya peningkatan kapasitas (capacity building) secara terstruktur dan terukur.

“Agar dapat dipahami, sehingga akan melandasi pola pikir dan perilaku seluruh ASN Prov. Kalteng dalam melaksanakan tugasnya,” tutur Nuryakin.

“Semoga kita semua menuju ASN BerAKHLAK Prov. Kalteng Makin BERKAH,” tandasnya.

Turut hadir Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, dan diikuti seluruh ASN se-Kalteng, yang meliputi ASN Provinsi dan seluruh ASN dari 14 Kabupaten/ 6 Kota se-Kalteng, yang berjumlah sekitar 26.000 Orang, baik secara offline maupun online. Hadir narasumber secara virtual Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri, H. Suhajar Diantoro, Deputi SDM Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan Kemenpan RB Alex Denni dan Hadir secara langsung Pakar Pembangunan Karakter sekaligus Founder ESQ Leader Center Ary Ginanjar Agustian. (Sumber : MMCKalteng/Ay/Foto:Asep)

Berita Lainnya

Leave a Comment