Wagub Edy Pratowo Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2022

Wagub Edy Pratowo Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2022

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Prov. Kalteng, Jumat (13/5/2021).

Hardiknas diperingati setiap tahunnya pada tanggal 2 Mei. Namun dikarenakan Hari Pendidikan Nasional tahun ini bertepatan dengan dengan libur Idul Fitri 2022 dan juga cuti bersama, sehingga Upacara Peringatan Hardiknas dilakukan pada Jumat, 13 Mei 2022 sesuai keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI).

Wagub Edy Pratowo Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2022

“Ditengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di Tahun ketiga ini telah mengarungi Pulau-Pulau di seluruh Indonesia”, tutur Wagub saat membacakan Pidato tertulis Mendikbudristek.

Lebih lanjut disampaikan, Kurikulum Meredeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

“Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan”, imbuhnya.

H. Edy Pratowo juga mengatakan, anak-anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena asesmen Nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk “Menghukum” guru atau kurid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus mendorong untuk belajar, supaya Kepala Sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas Sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.

Untuk diketahui, Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Nasional di Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar Dewantara lahir di Pakualaman pada 2 Mei 1889 dan meninggal di Jogjakarta, 26 April 1959 pada usia 69 tahun. Itulah mengapa tanggal kelahiran beliau diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia.

Upacara Hardiknas dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Ahmad Syaifudi, Ketua IGI Kalteng, Ketua Ikatan Guru Indonesia Prov. Kalteng Aprianto, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Suriansyah Murhaini, Rektor Universitas PGRI Ana Suheri serta diikuti Perwakilan Pelajar SMA/SMK Kota Palangka Raya. (MMC Kalteng/wdy/Foto:Asef)

Berita Lainnya

Leave a Comment