PT GCM Bersama Tokoh Desa Semantun Gelar Ritual Adat Tulak Bala

PT GCM Bersama Tokoh Desa Semantun Gelar Ritual Adat Tulak Bala

Palangka Raya, gemakalteng.co.id PT Graha Cakra Mulia (GCM), Union Sampoerna Triputra Persada (USTP) Group bersama tokoh adat Desa Semantun, Kecamatan Permata Kecubung, Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar ritual adat tulak Bala di Simpang BB5 Desa Semantun, Sabtu (24/12/2022).

“Kami menggelar acara adat ini secara rutin setiap tahun sebagai wujud penghormatan kami kepada adat istiadat di sekitar wilayah kerja kami,” kata General Manager (GM) PT GCM Pelita Peranginangin yang ditemui usai kegiatan.

Ia melanjutkan kegiatan ini sudah berlangsung rutin sejak beberapa tahun yang lalu. Warga bersama karyawan unsur pimpinan PT GCM dengan dipandu Mantir Adat, Dukun Adat dan Tokoh Adat Desa Semantun melaksanakan ritual adat memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh kegiatan operasional PT GCM bisa berjalan lancar tanpa gangguan.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, jalinan silaturahmi, komunikasi dan kerjasama antara PT GCM dengan pemerintah desa dan masyarakat adat khususnya Desa Semantun bisa terjalin lebih erat lagi dan lebih sinergi lagi,” ungkap dia.

PT GCM Bersama Tokoh Desa Semantun Gelar Ritual Adat Tulak Bala
Unsur pimpinan dan karyawan PT GCM bersama Tokoh Adat Desa Semantun, Kecamatan Permata Kecubung, Kabupaten Sukamara menggelar ritual adat Bagendang Gugur Semangat dan Tulak Bala di Simpang BB5 Desa Semantun, Sabtu (24/12/2022)

Kepala Bagian (Kabag) Sustainability PT GCM Arga Murbiantoro mengatakan USTP Group punya komitmen kuat untuk pelestarian adat istiadat dan kearifan lokal di sekitar wilayah kerjanya. PT GCM juga bersama anak perusahaan USTP Group lainnya sudah mendapatkan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang salah satu poin pentingnya turut mendukung pelestarian adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat sekitar kebun.

“Inilah wujud peran kami dalam ikut serta melestarikan adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat yang ada di sekitar wilayah kerja kami,” kata Arga.

Baca Juga :  Empat Pengurus Kabupaten SMSI Dikukuhkan Di Sampit

Mantir Adat Desa Semantun Lisum mengatakan acara ritual adat kali ini bertajuk¬† ‘Bagendang Gugur Semangat dan Tulak Bala’ yang bertujuan agar semua karyawan yang bekerja di perusahaan bisa mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan PT GCM terhadap adat istiadat masyarakat setempat.

“Semoga semua aktivitas kita baik perusahaan maupun masyarakat di sini berjalan lancar tanpa kendala, terima kasih juga kepada Bapak pimpinan PT GCM yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan ini,” kata dia. (Rilis/AGN)

Bagikan Berita

Berita Lainnya