Pj. Sekda Buka Kick Off Meeting Program Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi Prov. Kalteng Tahun 2022

Pj. Sekda Buka Kick Off Meeting Program Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi Prov. Kalteng Tahun 2022

Palangka Raya, gemakalteng.co.id – Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin menghadiri sekaligus membuka secara resmi Kick Off Meeting Program Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS) Prov. Kalteng Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Aula Bappedalitbang, Rabu (6/4/2022) dan digelar secara daring maupun luring.

Dalam sambutannya Nuryakin menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan untuk memulai pelaksanaan program dan kegiatan Bidang PPAS di Prov. Kalteng Tahun 2022, serta sebagai persiapan perencanaan tahun 2023. Kegiatan ini juga merupakan tindaklanjut dari Kick Off Meeting Tahunan Pokja PPAS Nasional yang dilaksanakan secara virtual tanggal 10-11 Maret 2022 yang lalu.

Guna mendukung, lanjutnya, penguatan peran Pokja Provinsi dalam mengawal pembangunan di daerah dan melaksanakan pembangunan bidang PPAS yang sinergis dan kolaboratif, tema Kick Off Meeting Tahunan Pokja PPAS Nasional Tahun 2022 ialah “Penguatan Peran Daerah dan Mitra dalam Sinergi Pembangunan Sektor Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS) Tahun 2022”.

“Tema ini diangkat dengan harapan agar peran Provinsi lebih kuat dalam mendampingi Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mengintegrasikan layanan dan pembangunan PPAS di Kabupaten/Kota, serta melakukan pembinaan, pengawasan kepada Kabupaten/Kota dan mengkolaborasikan PPAS,” tutur Nuryakin.

 

Nuryakin menjelaskan target pembangunan Bidang PPAS Tahun 2020-2024 tiap Provinsi sudah ditetapkan oleh Pokja PPAS Nasional. Untuk Prov. Kalteng target sampai tahun 2024 yakni: Target rumah layak huni 70,98%; Target akses air minum layak 100%, dengan target air minum jaringan perpipaan 26,01% dan bukan jaringan perpipaan 73,99%; Target akses sanitasi layak 80%; Target sanitasi aman 8%; Target Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di tempat terbuka 0%; dan Target penanganan sampah perkotaan 83%.

“Target pembangunan PPAS Tahun 2020-2024 Provinsi tersebut telah didistribusikan ke dalam target Kabupaten/Kota se-Kalteng, selanjutnya Kabupaten/Kota merumuskan ke dalam program/kegiatan yang tepat guna akselerasi pencapaian target pembangunan PPAS,” imbuh Nuryakin.

Nuryakin menambahkan indikator dan target pembangunan bidang PPAS Prov. Kalteng yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat tersebut di atas, sudah masuk dalam RPJMD Kalteng 2021-2026 sebagai indikator sasaran, dengan target sampai dengan tahun 2026 adalah: Target rumah layak huni 71,58%; Target akses air minum layak 100%; dan Target akses sanitasi layak 90%. Indikator dan target bidang PPAS tersebut selanjutnya dijabarkan dalam Renstra dan Renja Perangkat Daerah terkait.

 

“Saya berharap program kegiatan bidang perumahan, permukiman, air minum, dan sanitasi dapat diintegrasikan untuk mencapai keserasian pembangunan antar wilayah kabupaten/kota guna mewujudkan Kalteng Makin BERKAH,” pungkas Nuryakin.

Sementara itu Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng H. Kaspinor mengatakan bahwa kegiatan kick off ini merupakan kompilasi masukan-masukan dari seluruh Kabupaten/Kota termasuk juga dari Pemerintah Pusat yang disinergikan juga dengan RPJMN Kalteng.

“Maka dari itu pentingnya kita dalam pertemuan ini, kita akan mensinergikan, mengidentifikasi hal-hal yang berkenaan dengan seluruh daerah di Kalteng,” ujar Kaspinor.

“Ini juga memberikan spirit kepada kita dengan adanya target capaian ini juga berpengaruh pada dana insentif daerah atau penghargaan-penghargaan yang termasuk juga dana transfer. Kita harus sampaikan Misi ini supaya dengan semangat-semangat yang saya katakan melalui mandatory, intervensi hal-hal yang berkenaan dengan kebijakan-kebijakan Pemerintah Pusat ini bisa disikapi oleh seluruh daerah secara matang dan direncanakan dengan baik untuk mencapai sasaran,” tandasnya.

Turut hadir Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait serta Kepala Instansi Vertikal Prov. Kalteng terkait. Dari Pemerintah Daerah hadir Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng selaku Ketua Pokja PPAS/AMPL/Sanitasi/PKP Kabupaten/Kota. (Sumber : MMCKalteng/Ay/Foto: Doni)

Berita Lainnya

Leave a Comment