Ivo Sugianto Sabran Launching E-Commerce tokokaltengberkah.com

Ivo Sugianto Sabran Launching E-Commerce tokokaltengberkah.com

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran serta pihak terkait lainnya melakukan launching E-Commerce tokokaltengberkah.com, bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (26/4/2022).

Launching tokokaltengberkah.com digelar secara bersamaan dengan launching Festival Budaya Isen Mulang dan penayangan Video Pariwisata “Menjemput Mimpi di Tanah Berkah”. Acara digelar secara daring dan luring dan diikuti oleh stakeholder terkait.

“Tahun 2022 ini, dekranasda provinsi kalimantan tengah sudah membangun pemasaran melalui platform digital yaitu e-commerce dengan nama tokokaltengberkah.com atau bisa disebut juga dengan tabe.com,” kata Ivo saat menyampaikan sambutannya.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng menjelaskan bahwa platform ini merupakan wadah untuk memfasilitasi pengrajin dan Industri Kecil Menengah di Kalteng untuk memperluas pemasaran produknya secara online.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo mengapresiasi inovasi dan upaya yang selama ini dilakukan oleh Dekranasda Provinsi Kalteng dalam memfasilitasi para pengrajin dan IKM Kalteng, baik secara offline melalui Central Borneo Souvenir maupun secara online melalui tokokaltengberkah.com.

“Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan daya jual produksi hasil olahan para perajin dan IKM Kalimantan Tengah, bukan hanya melalui pemasaran offline seperti pameran, saat sekarang juga dapat menggunakan platform digital, yang sangat potensial untuk memperluas target pasar, dari lokal, nasional, bahkan internasional,” ucap H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Wakil Gubernur menyebut digitalisasi menjadi salah satu kunci untuk dapat bertahan dan bahkan berkembang, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Para pelaku usaha harus mampu bergerak cepat, untuk beradaptasi dengan makin berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin pesat.

“Apalagi, dari laporan yang saya terima, bahwa E- Commerce tokokaltengberkah ini dibangun oleh Sumber Daya Manusia lokal, buatan asli dari Kalimantan Tengah. Saya kira ini tentu luar biasa dan sungguh membanggakan,” ucap H. Edy Pratowo.

Pihaknya menyebut adanya platform digital tokokaltengberkah.com ini akan mempermudah para pelaku usaha, terutama para perajin dan IKM di Kalteng, dalam memasarkan produk-produk unggulannya, agar dapat menjangkau pembeli yang bukan hanya masyarakat di Kalimantan Tengah saja, tapi juga provinsi-provinsi lain, bahkan pembeli dari luar negeri.

“Oleh karena itu, Saya berharap agar aplikasi ini dimanfaatkan semaksimal mungkin, baik oleh para pelaku usaha maupun instansi dalam pengadaan barang, khususnya produk-produk lokal khas Kalimantan Tengah.

“Inovasi ini juga sejalan dengan arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo, untuk mencanangkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia, dalam rangka memajukan usaha anak bangsa,” pungkas H. Edy Pratowo. (Sumber : MMCKalteng /ARP/Foto:Asef)

Berita Lainnya

Leave a Comment