FIK UMP Gelar Sumpah Profesi Secara Luring dan Daring

SUMPAH PROFESI : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) menggelar Sumpah Profesi di Aula Utama UMP, Sabtu (14/11).- (Photo : Ist)

PALANGKA RAYA, GEMA KALTENG

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) melangsungkan “Sumpah Profesi”, Sabtu (14/11). Untuk pertama kalinya, pengambilan sumpah profesi ini dilaksanakan melalui Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring) . Dalam situasi penuh keterbatasan akibat pandemi, Kedua Program Studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan yaitu Program Studi Diploma Tiga Farmasi dan Analis Kesehatan telah menyelenggarakan Acara Sumpah Profesi Tenaga Teknis Kefarmasian dan Ahli Teknologi Laboratorium Medik.

Acara dilaksanakan di Kampus UMP, Jl. RTA Milono Km. 1,5 Palangka Raya dihadiri sebanyak 11 alumni yang hadir secara Luring mengucapkan sumpah profesi dalam suasana khidmat, meskipun sebagian besar peserta sumpah mengucapkan sumpah secara Daring. Perwakilan peserta sumpah dari kelima agama hadir di lokasi sumpah, didampingi oleh rohaniwan dari masing-masing agama, dan diambil sumpah oleh Ketua PD PAFI, H. Lutfi Ramadhani, A. Md. Farm. S. Sos dan Ketua DPW. PATELKI Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Agus, S. Si, M. MKes).

Dalam sambutannya, Dekan FIK UMP, Nurhalina, S. KM, M. Epid menyampaikan ungkapan “Maju Terus” kepada para peserta sumpah. Arti “Maju Terus” bermakna karena sumpah profesi ini baru menjadi awal dari panggilan para alumni untuk terjun melayani masyarakat. Sumpah profesi adalah komitmen yang harus selalu dipegang teguh oleh para alumni. Sumpah profesi juga sejalan dengan semangat yang dikembangkan di FIK UMP “Alumni FIK UMP diharapkan memiliki integritas, yang salah satu cara mewujudkannya adalah, dengan selalu berpegang pada komitmen yang telah diucapkan”, ujar Nurhalina, S.KM, M.Epid.

Acara sumpah profesi ini dibuka secara Resmi oleh Rektor UMP, Dr. Sonedi, M. Pd. Dalam acara tersebut Sonedi berpesan agar para alumni yang telah disumpah dapat menghayati dan menghidupi sumpah yang telah diucapkan. “Jadikan ini bekal berharga dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian maupun Ahli Teknologi Laboratorium Medik”, sambung Sonedi, M.Pd.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaleng, dr. Suyuti Syamsul, MPPM. yang juga hadir dalam sumpah profesi ini menyampaikan, terdapat nilai-nilai kejujuran, kerahasiaan dan pelayanan yang terkandung di dalam sumpah profesi. Suyuti Syamsul juga berpesan agar para peserta sumpah selalu setia terhadap sumpah yang telah diucapkan, dan jangan sampai melakukan pelanggaran etika selama menjalankan profesinya. Suyuti Syamsul juga mengingatkan agar para peserta sumpah tidak puas diri dengan grade pendidikan saat ini, namun harus terus berusaha meningkatkan jenjang karir, melalui berbagai kegiatan ilmiah seperti seminar, workshop, pelatihan, serta melalui peningkatan jenjang pendidikan.

Total peserta yang mengikuti Sumpah Profesi tersebut berjumlah 153 orang yang terdiri atas  86 orang dari Prodi Farmasi dan 67 orang dari Prodi Analis Kesehatan. Dari 153 peserta tersebut, 11 diantaranya mengikuti Prosesi Sumpah Profesi secara Luring sedangkan 144 peserta lainnya mengikuti secara daring via zoom. Para mahasiswa yang menjadi lulusan terbaik dari masing-masing Prodi juga diumumkan diakhir acara. Adapun lulusan terbaik dari Tenaga Teknis Kefarmasian adalah Wanda Sorraya, sedangkan lulusan terbaik dari Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah Siti Khadijah Ilmiyanti. Pada acara ini juga diumumkan para Dosen Terbaik yaitu Syahrida Dian Ardhani, M. Sc, Apt (Farmasi) dan Rinny Ardina, M. Si (Ankes), Tenaga kependidikan Terbaik yaitu Rima Witriani, S. Sos, dan Laboran Terbaik Joni Triatama, A. Md., Farm. (GK/Ap/MY/Samad/Rudi)

Berita Lainnya

Leave a Comment