Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng Selenggarakan Lomba Fotografi Tingkat Nasional

Palangka Raya, gemakalteng.co.id Pemprov. Kalteng melalui Dinas Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan lomba fotografi tingkat nasional. Pada Jumat (18/11/2022), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan H. Darliansjah mengumumkan nominasi pemenang lomba fotografi tersebut secara virtual, bertempat di Gedung Smart Province (GSP) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng.

Darliansjah mengatakan lomba ini merupakan salah satu event dalam rangkaian kegiatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 tahun 2022 yang puncaknya akan dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada 21 November mendatang.

“Harkannas ke-9 Tahun 2022 ini mengangkat tema Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Lebih Unggul. Tema nasional ini kemudian diselaraskan menjadi tema daerah, Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Lebih Unggul dalam Mewujudkan Kalimantan Tengah BerAKHLAK dan Semakin BERKAH,” ucapnya.

Selain lomba fotografi, Darliansjah juga menyebutkan rangkaian kegiatan lain dalam rangka Harkannas Ke-9 tahun 2022 yaitu Program Bincang Bahari, sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), pasar penyeimbang, dan lomba masak serba ikan tingkat nasional.

“Lomba fotografi tingkat nasional ini menggandeng beberapa penggiat fotografi yang memang teruji di bidangnya sebagai dewan juri, antara lain Penggiat Fotografi Pinto NH, Jurnalis Foto Internasional Dwi Oblo, Pengajar fotografi dan News Contributor Deny Krisbiyantoro, Penggiat Fotografi Lingkungan dan Alam Liar Muhammad Rochim, serta Fotografer Diskominfosantik Kalteng dan Penggiat Fotografi Ahmad Saifuddin,” jelasnya.

Darliansjah mengungkapkan, dari 478 peserta telah ditetapkan 18 nominator lomba fotografi tingkat nasional ini. Nominator terbanyak berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah (dua orang), Provinsi Jawa Tengah (dua orang), Provinsi Aceh (dua orang), Provinsi Jawa Barat (dua orang), Provinsi DKI Jakarta (satu orang), Provinsi DI. Yogyakarta (satu orang), Provinsi Sulawesi Tenggara (satu orang), dan Provinsi Jawa Timur (satu orang).

“Dari kedelapan belas nominator ini, capaian peserta Kalteng sebanyak 43 peserta dan yang berhasil lolos sebagai nominator sebanyak enam orang dengan didominasi oleh peserta dari Kota Palangka Raya,” pungkasnya.

Direktur Jenderal Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Erwin Dwiyana menyambut baik adanya lomba fotografi ini. “Saya berharap agar kegiatan ini dapat menjadi salah satu bentuk promosi potensi kelautan dan perikanan sehingga membuat masyarakat Indonesia mencintai kelautan dan perikanan serta menggemari konsumsi ikan sebagai makanan sehari-hari,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen terhadap peningkatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, khususnya di Kalteng.

“Dengan dipercayanya Pemprov. Kalteng sebagai penyelenggara kegiatan ini diharapkan dapat mempromosikan potensi kelautan dan perikanan di daerah serta menggelorakan semangat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Saya berharap agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan pada kegiatan Hari Ikan Nasional selanjutnya,” imbuhnya.

Turut hadir sponsorship, para awak media, komunitas fotografer, serta seluruh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Perangkat Daerah Prov. Kalteng. (MMC Kalteng/Rkh/Foto:Dislutkan)

Berita Lainnya

Leave a Comment