Bupati Murung Raya Buka Secara Resmi Posyandu Akbar

Bupati Murung Raya Buka Secara Resmi Posyandu Akbar

Puruk Cahu, gemakalteng.co.id Bupati Murung Raya (Mura) membuka secara resmi acara Posyandu Akbar tahun 2022 di Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura) menggelar di GOR Futsal Tana Malai Tolung Lingu (TMTL), Sabtu (1/10/2022).

Posyandu Akbar, dengan tema “Lindungi Anak Kita Dari Stunting Dengan Rutin Ke Posyandu” tersebut, juga hadiri wakil Ketua II DPRD Mura Rahmanto Muhidin, TP-PKK Mura, Ny. Lynda Kristiane Perdie M. Yoseph, Camat Murung Fitrianul Fahriman, serta beberapa Kepala OPD di lingkup Pemkab Mura.

“Kunci pencegahan dan penanganan kasus stunting adalah di 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK), sehingga perhatian kepada ibu hamil dan balita di bawah dua tahun perlu terus diupayakan,” kata Perdie dalam sambutannya.

Bupati Murung Raya Buka Secara Resmi Posyandu Akbar

Lebih lanjut Perdie juga menyampaikan bahwa peran Posyandu dalam pencegahan dan penanggulangan stunting sangatlah penting, khususnya upaya pencegahan stunting pada masa balita.

“Melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita yang dilakukan melalui pengisian kurva KMS, balita yang mengalami permasalahan pertumbuhan dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga tidak jatuh pada permasalahan pertumbuhan kronis atau stunting,” ucapnya.

Perdie juga berharap peran aktif di tingkat desa/kelurahan, bidan dan petugas Puskesmas bersama dengan kader di daerahnya masing-masing.

“Saya berharap adanya peran aktif bidan dan petugas Puskesmas bersama dengan kader di masing-masing desa/kelurahan untuk melakukan penelusuran terhadap bayi dan balita yang berpotensi stunting yaitu : Balita 2 bulan berturut-turut Berat Badan Tidak Naik, Balita dengan Gizi Buruk dan Gizi Kurang,Balita penderita penyakit kronis TBC dan Alergi serta Balita dengan gangguan metabolisme,” lanjutnya.

Pewarta : Helminadi
COPYRIGHT © GEMAKALTENG

 

Bupati Murung Raya

Berita Lainnya

Leave a Comment