Bupati Mura Buka MTQ IX Tingkat Kabupaten

Bupati Mura Buka MTQ IX Tingkat Kabupaten

Puruk Cahu, gemakalteng.co.id Bupati Murung Raya (Mura), Perdie M Yoseph secara resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX tingkat Kabupaten Mura yang berlangsung di lapangan sport center Muara Laung, Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Mura, Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (31/10/2022) malam.

Pada sambutannya Perdie menyampaikan penyelenggaraan MTQ ini menjadi momen dalam rangka menjaga tolerasi, meningkatkan keharmonisan, silaturahmi, kerukunan didalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan menjadikan isi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Diharapkan ini menjadi perekat dalam kehidupan sosial bermasyarakat di Murung Raya, sehingga terhindar dari konflik yang bersifat SARA atau suku, agama, ras dan antar golongan.

“Kita bersyukur sampai saat ini kondisi kamtibmas di daerah kita sangat terjaga, meskipun masyarakatnya terdiri dari banyak latar belakang yang berbeda,” kata Perdie.

Tak hanya itu, dalam momen tersebut, Perdie juga berharap para peserta MTQ yang berkompetisi bisa maksimal, sehingga nantinya yang keluar sebagai juara disetiap lomba benar-benar memiliki kompetensi dan berhak menjadi wakil Murung Raya pada Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Provinsi Kalteng di Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat pada November 2022 nanti..

“Saya juga yakin para dewan hakim serta panitera akan bersikap netral dalam menilai setiap peserta untuk mencari yang terbaik. Untuk tahun depan saya tetapkan tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Murung Raya adalah Kecamatan Tanah Siang Selatan,” lanjutnya.

Bupati Mura Buka MTQ IX Tingkat Kabupaten

Sementara itu Ketua Panitia acara, Supriadi Usup mengatakan, tujuan MTQ kali ini sebagai ajang untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pengamalan isi atau kandungan Al-Quran, serta untuk memperluas syiar agama Islam, bukan hanya itu syair AI-Quran bukan hanya sebagai syair biasa namun ini menujukan sebuah simbol seluruh umat muslim yang harus ditingkatkan setiap tahun.

“Sebanyak 10 kecamatan yang ada di Murung Raya seluruhnya mengirim kafilah,” terang Supriadi.

Total peserta sebanyak 285 orang, dengan rincian Kafilah Murung sebanyak 45 orang, Kafilah Tanah Siang 26 orang, Kafilah Permata Intan 35 orang, Kafilah Tanah Siang Selatan 21 orang, Kafilah Sungai Babuat 20 orang, Kafilah Sumber Barito 28 orang, Kafilah Seribu Riam 15 orang, Kafilah Uut Murung 25 orang, Kafilah Barito Tuhup Raya 23 orang dan terakhir Kafilah Laung Tuhup sebanyak 47 orang.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 31 Oktober sampai 3 November 2022 ini dihadiri Wakil Bupati Mura, Rejekinoor, Ketua DPRD Kabupaten Mura Doni. S.P., M. Si, pejabat dilingkup Pemkab Mura, perwakilan dari Pemprov Kalteng, pengurus LPTQ Kalteng dan pengurus LPTQ Kabupaten Barito Utara.

Pewarta : Helminadi
COPYRIGHT © GEMAKALTENG

Berita Lainnya

Leave a Comment