Ribuan Alumni dari Dalam dan Luar Negeri Meriahkan Sapa Alumni

By abdus samad Feb7,2022

SAPA ALUMNI UMPR : UMPR sukses menggelar Sapa Alumni perdana pada Sabtu (5/2).
PALANGKA RAYA, gemakalteng.co.id
Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) melalui Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) UMPR sukses menggelar Sapa Alumni pada Sabtu, 5 Februari 2022. Kegiatan ini merupakan momen spesial karena merupakan sapu alumni perdana yang dilaksanakan oleh pihak Universitas. Agar kegiatan dapat digelar sesuai protokol kesehatan maka Sapa Alumni dilaksanakan secara hybrid via daring dan luring. Pada acara Sapa Alumni kali ini akan mengusung tema yaitu “Bangga menjadi Alumni UMPR yang Unggul dan Berkarakter”.
Acara Sapa Alumni ini dilaksanakan dari pagi sampai dengan siang hari. Yang hadir secara luring di Aula Utama antara lain Rektor UMPR Dr. Sonedi, M.Pd didampingi para Pejabat Universitas mulai dari BPH, Wakil Rektor hingga Dekan seluruh fakultas. Terdapat juga banyak alumni yang hadir pada kegiatan ini. “Kegiatan Sapa Alumni merupakan sapa alumni perdana yang digelar oleh kampus. Terdapat ribuan alumni yang ikut berpartisipasi pada Sapa Alumni perdana ini,”ujar Dr. M. Fatchurrahman, M.Pd., M.Psi. saat memberi sambutan sebelum acara.
Dr. M. Fatchurrahman, M.Pd., M.Psi. yang juga menjabat sebagai Kepala BAKA mengungkapkan kegiatan Sapa Alumni merupakan momen untuk menjalin silahturahmi, memperkuat kerjasama dan kekeluargaan antar sesama alumni. “Selain itu dari kegiatan ini diharapkan dapat menggelorakan rasa cinta para alumni terhadap fakultas maupun Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. UMPR sampai saat ini sudah memiliki lebih dari 20 ribu alumni yang tersebar di berbagai tempat. Ada yang sudah menjabat sebagai wakil bupati, kepala dinas, kepala sekolah dan lain-lain. Mereka sudah bekerja pada berbagai sektor seperti sektor pemerintah, swasta, maupun LSM. Bahkan alumni UMPR saat ini ada yang menjabat sebagai Ketua PW NU Kalteng. Yang lebih hebat lagi Dr. Sonedi, M.Pd yang menjabat sebagai Rektor saat merupakan alumni dari UMPR,”sambungnya.
Dr. Sonedi, M.Pd. selaku Rektor UMPR dalam sambutannya mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi dari pada alumni untuk menyukseskan sapa alumni perdana ini. “Ikut hadir pada sapa alumni mulai dari angkatan pertama sampai alumni angkatan yang baru wisuda tahun 2021 yang lalu. Selain itu hadir juga alumni dari luar negeri seperti negara Thailand Selatan karena alumni kita tidak hanya berasal dari dalam negeri tapi juga luar negeri,”ujarnya pada Sabtu (5/2).
Lebih lanjut Dr. Sonedi mengatakan bahwa kegiatan Sapa Alumni ini merupakan momen untuk mempererat silahturahim dan membangun jejaring sehingga bisa membangun UMPR ke depan agar semakin baik. “Kami dari pihak pengelola Universitas tentunya berharap para alumni dapat membantu secara gotong-royong. Tidak hanya membangun secara akademi tapi juga secara fisik. Terutama pembangunan kampus 2 yang dalam waktu 5 bulan ke depan akan selesai dan rencananya mulai dipergunakan pada Tahun ajaran 2022/2023 nanti,”katanya.
“Kampus saat ini sedang membangun unit bisnis sendiri agar UMPR kedepannya semakin berkembang. Salah satu unit bisnis yang sedang dibangun saat ini adalah Rusunawa sehingga penghasilan kampus tidak hanya dari SPP mahasiswa saja. Tahun ini dapat menjaring sebanyak-banyaknya mahasiswa sekitar 1800-2000. Dengan adanya pertemuan ini teman-teman alumni dapat menyampaikan atau mempromosikan UMPR ke masyarakat sehingga mereka mengkuliahkan anak-anak mereka ke UMPR sehingga kami dapat mencapai target jumlah mahasiswa yang kami inginkan,”tutup Dr. Sonedi, M.Pd.
Terdapat banyak alumni UMPR yang telah menjadi tokoh penting dan berkesempatan hadir pada acara ini. Diantaranya Dr. H. M. Riban Satia, S.Sos., M.Si (Walikota Palangka Raya Periode 2008-2018), Dr. Muh. Yusuf, S.Sos., M.A.P. (Wakil Rektor UMPR 2010-2018, Dekan Fisipol UMPR 2019-2021), Satriadi, S.E., M.A.P. (Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah), At Prayer, S.T., M.A.P., M.T. (Komisioner KPID Kalteng), hingga Dr. H. M. Wahyudi F. Dirun, M.Si. (Ketua PWNU Kalteng).
Dr. H. M. Riban Satia, S.Sos., M.Si selaku perwakilan alumni bercerita tentang sejarah tentang kampus karena beliau merupakan angkatan pertama UMPR sehingga sangat mengetahui tentang kampus UMPR ini. “Kalau bercerita tentang kampus ini, UMPR dulu tidak punya gedung dan ruang kuliah kami tidak menetap sehingga kami numpang di tempat-tempat lain untuk berkuliah. Kenang-kenangan itu memberikan proses perkembangan kampus dari masa ke masa,”kenangnya.
Mantan Walikota Palangka Raya 2 Periode ini berharap dari kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi para alumni baik itu partisipasi secara akademis maupun fisik seperti membangun ruang kuliah atau fasilitas lain.
Acara Sapa Alumni perdana ini membawa konsep kekeluargaan dan keakraban sehingga kegiatan yang berlangsung di Aula Utama UMPR ini banyak diisi dengan konten ringan seperti bernyanyi bersama sambil bercengkrama. Para pejabat dan tamu undangan semua tidak mau ketinggalan untuk menyanyikan lagu favorit mereka masing-masing sehingga membuat suasana selama kegiatan semakin cair. Setelah Sapa Alumni perdana, rencananya pihak kampus akan melaksanakan Sapa Alumni untuk tahun-tahun berikutnya. (GK/Ap/My)

Baca Juga :  UMPR Jalin Kerja Sama Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan 5 Pemkab

Berita Lainnya

error: Maaf Bos